PT KMS Cetak Satpam Handal dan Profesional

SATUAN Pengamanan atau sering disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Artinya juga kehadiran satpam dalam mendukung keamanan dan ketertiban tak dapat diremehkan.
Lalu dalam Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007, disebutkan sudah menjadi satu keharusan bagi semua tenaga satpam atau security wajib memiliki sertifikat dengan mengikuti pelatihan. Kehadiran Satpam pun diharapkan bisa memenuhi kekurangan personel yang dimiliki Polri. Beberapa alasan seperti ini menjadikan pengelola PT Karya Multi Sejahtera (KMS) semangat dalam menggelar diklat Satpam sejak Oktober 2012, silam.

“Keberadaan Satpam selaku pengemban fungsi kepolisian, memiliki kontribusi penting dalam menjamin terwujudnya keamanan serta ketertiban di lingkungan kerja. Kami dari KMS berusaha bisa mencetak atau mewujudkan Satpam yang profesional,” ungkap Dirut PT KMS Drs Bandi Sobandi MSI kepada Merapi, akhir pekan lalu.
Ditemui di kantor KMS kompleks Balai Desa Pandowoharjo Kleben Pandowoharjo Sleman, Bandi menjelaskan, komitmen menghasilkan satpam profesional, handal dan berkualitas menjadi faktor penting pihaknya kian dikenal sebagai pusat pendidikan dan pelatihan Satpam ternama serta terpercaya. Selain itu setiap bulannya ada penyelenggaraan diklat Satpam.

Tak kalah penting, pihaknya sudah mengantongi perijinan lengkap antara lain HO, NPWP, akte perusahaan, SIUP, TDP, Rekomendasi dan Kesepahaman Kerjasama dengan Polda DIY serta ijin Mabes Polri. Bahkan lulusan/alumni diklat Satpam PT KMS, 99 persen tiap angkatan selalu mendapatkan pekerjaan, sebagian di antaranya malah sebelum diklat selesai.
“Di tempat kami, ada banyak tambahan pelajaran yang membantu dalam dunia usaha, misalnya pemadam kebakaran, excelent service, kepemimpinan serta pengetahuan ketenagakerjaan,” tegasnya.
Adapun jajaran direksi/pengelola PT KMS saat ini antara lain terdiri dari Drs Bandi Sobandi MSi (Dirut), Didik Rusbiyanta SH (Direktur Diklat), Sugino Arsyami (Direktur Pemasaran), Sumardi SSOS (Direktur Keuangan) dan H Maskur SH (Direktur HRD). Selain itu ada Soeprojo Idrus P (Manajer Marketing), Rizki RF (Personalia), Djumroni AF (Ka Diklat), Ngalimin P (Chief Securty), Bambang Subiantoro SE (Kepala Cabang Solo) serta Hany Marlita Amd/Ulfa Nimasita (Staf Administrasi).
Didik R selaku Direktur Diklat KMS menambahkan, siswa peserta diklat Satpam di KMS tak hanya berasal dari DIY dan Jateng maupun sekitarnya, namun biasa juga ada yang berasal dari luar Jawa. Semua diasramakan sejak pembukaan sampai penutupan. Sebelum mendaftar dapat konsultasi dahulu termasuk bisa menghubungi telpon 0274-4360035.

Pihaknya pun telah melaksanakan Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2006 tentang Pelatihan dan Kurikulum Satuan Pengamanan, jenjang pelatihan Satpam yakni terdiri dari tiga tingkatan: Dasar (Gada Pratama). Pelatihan ini merupakan dasar dan wajib bagi calon anggota Satpam. Lama pelatihan 232 jam pelajaran (21 hari). Materinya antara lain Kemampuan Interpersonal, Etika Profesi, Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Wewenang Kepolisian Terbatas, Bela Diri, Pengenalan Bahan Peledak, Pengetahuan tentang Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol, Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan.

“Selain itu ada juga Gada Madya, merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota Satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Ketiga yaitu tingkat Gada Utama atau Manajer Keamanan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer yaitu kepala keamanan atau manajer keamanan. Alumni kami banyak bekerja seperti kantor pemerintahan, swasta, hotel, bank, lokasi kuliner dan masih banyak lagi, baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa,” tambah Didik di akhir perbincangan. (Yan/Ran)

Read previous post:
Properti Jadi Motor Perekonomian DIY

PT BANK Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Kantor Wilayah (Kanwil) Yogyakarta, sat ini sedang menyiapkan langkah menyambut bangkitnya sektor

Close