LAUNCHING LBH BHIJAK- Beri Bantuan Hukum Cuma-cuma kepada Masyarakat


Ketua Harian YLBHAY Moelyadi (dua dari kiri) memotong tumpeng dan memberikan kepada Direktur LBH Bhijak Eet Susita SH MSc. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Ketua Harian YLBHAY Moelyadi (dua dari kiri) memotong tumpeng dan memberikan kepada Direktur LBH Bhijak Eet Susita SH MSc. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SLEMAN (MERAPI) – Untuk mengenalkan dan mendekatkan diri kepada masyarakat, DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) DIY mulai melaunching Lembaga Bantuan Hukum Ikadin Jogjakarta (LBH Bhijak) di Kantor DPD Ikadin DIY Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 8 No 6B Sleman, Sabtu (9/11).

LBH Bhijak sendiri berada di bawah Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Advokasi Yogyakarta (YLBHAY) dengan Ketua Dewan Pembina Dr Najib Gisymar SH MH, Ketua Harian YLBHAY Moelyadi SH MH CLA dan Ketua Dewan Pengawas Dr Trisno Raharjo SH MHum dan Direktur LBH Bhijak Eet Susita SH MSc.

“LBH Bhijak hadir untuk memberikan keadilan yang berkeadilan di masyarakat berupa bantuan hukum kepada yang tidak mampu. Hal ini kami lakukan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Advokat maupun UU Bantuan Hukum,” ujar Eet Susita SH di sela-sela launching.

LBH Bhijak berdiri berdasarkan SK Menkumham RI No 0011039AH.01.04 tahun 2019 tentang YLBHAY pada 7 Agustus 2019 yang bergerak dibidang sosial kemanusiaan. Kehadiran LBH Bhijak diharapkan dapat memberi bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu.

Dengan hadirnya LBH, masyarakat pencari keadilan bisa mendapat bantuan hukum tanpa dibebani biaya. Karena sesuai dengan prinsip hukum tthe equality before the law, semua orang sama dalam hukum. Sehingga setiap orang mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum.

Untuk itulah LBH Bhijak hadir memberi warna dalam penegakan hukum di masyarakat. Kata Bhijak sendiri memiliki arti atau makna ketika mengambil keputusan dalam bantuan hukum secara bijaksana dan dapat menjadi solusi terbaik dalam penanganan perkara baik litigasi maupun non litigasi. Bhijak sendiri berarti pula advokat Ikadin memberikan bantuan hukum terbaik kepada masyarakat.

“LBH Bhijak sebagai lembaga bantuan hukum terbuka untuk siapa saja tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan untuk memperoleh keadilan. Untuk itu semua advokat Ikadin sebanyak 300 orang siap berkontribusi memberikan bantuan hukum melalui LBH Bhijak,” tegas Eet.

Hingga saat ini, LBH Bhijak tengah foskus melakukan advokasi, salah satunya mendampingi warga masyarakat Yogyakarta untuk mendapat haknya berupa BPJS. Selain itu ada perkara pidana dan beberapa perkara perdata sudah masuk dan mulai ditangani LBH Bhijak.

Sementara Ketua Harian YLBHAY Moelyadi SH MH CLA sekaligus Ketua DPD Ikadin DIY menyatakan, lahirnya LBH Bhijak merupakan salah satu amanah dari Ikadin. Karena kehadiran organisasi advokat Ikadin memiliki lima fungsi yakni Ikadin untuk anggota, Ikadin untuk organisasi, ikadin untuk masyarakat, Ikadin untuk negara dan Ikadin go internasional.

Moelyadi pernah berjanji ketika menjabat Ketua DPD Ikadin DIY periode kedua akan melakukan pengabdian masyarakat dengan membentuk lembaga bantuan hukum. “Saat ini Ikadin DIY telah masuk ke tahap tiga yakni Ikadin untuk masyarakat dengan implementasi melaksanakan advokasi dan bantuan hukum. Kami berharap semua advokat Ikadin berkontribusi memberikan bantuan hukum baik advokasi maupun konsultasi sesuai amanah UU Advokat harus memberikan bantuan hukum cuma-cuma,” tegas Moelyadi. (C-5)


Read previous post:
MERAPI-ZAINURI ARIFIN Prajurit Korem 072/Pamungkas melaksanakan upara peringatan Hari Pahlawan
Kasilog Korem Pamungkas Pimpin Upacara Hari Pahlawan

KEPALA Seksi Logistik (Kasilog) Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf I Made Alit Yudana, Minggu (10/11/2019) memimpin jalannya upacara Hari Pahlawan 2019 

Close