PSS Masih Mungkin Ganti Formasi

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – Pelatih kepala PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, tengah memikirkan formasi baru. Selama ini ia memfavoritkan 4-3-3 di banyak pertandingan. Absennya Brian Fereirra hingga akhir musim jadi salah satu alasan Seto mulai memikirkan formasi anyar yang akan ia matangkan selama jeda panjang Liga 1.

Bukan tidak mungkin di tujuh pertandingan tersisa PSS akan bermain dengan formasi anyarnya ini. Ditanya soal taktik barunya, Seto enggan memberi banyak komentar lantaran masih harus melihat kesiapan para pemain dari beberapa latihan sebelum mulai mematangkannya.

“Ada kepikiran untuk formasi baru, tapi masih lihat kondisi terakhir anak-anak dulu. Kenapa muncul formasi baru karena kita tidak sama Brian lagi setelah dia absen sampai musim selesai lalu kedua sekarang kita punya banyak pilihan pemain,” kata Seto kepada Merapi, kemarin.

Meningkatnya grafik pemain cadangan memang menguntungkan bagi tim pelatih untuk mencoba formasi baru. Apalagi secara matematis posisi PSS sudah aman untuk bertahan di Liga 1. Di lini tengah para pemain muda seperti Ocvian Chanigio dan Yudha makin berkembang dan mampu bersaing para seniornya seperti Dave Mustaine, Sidik Saimima, Wahyu Sukarta, Ricky Kambuaya, dan Guilherme Batata. Sedangkan di lini depan Jefri Kurniawan dan Antoni Putro Nugroho juga terus berkembang, menambah persaingan dengan Rangga Muslim, Kusheda Hari Yudo, Yevhen Bokhasvili, Rangga Muslim, Haris Tuharea, dan Arsyad Yusgiantoro.

“Beberapa pertandingan kami pernah coba 4-4-2 atau 3-5-2, yang terakhir (3-5-2) karena kebutuhan pemainnya sangat minim di barisan belakang. Jadi maksimalkan pemain yang ada. Sekarang situasinya sedikit lebih baik bagi kami, pemain yang siap juga banyak. Ada motivasi di sisa tujuh laga ini,” sambung pelatih asal Kalasan itu.

Di tengah persiapan, Brian Fereirra tampak berat meninggalkan rekan-rekannya. Ia akan kembali ke Argentina 16 November nanti untuk penyembuhan cedera. Ada harapan dari pengoleksi sembilan gol dan lima assist ini agar musim depan masih bisa berseragam Laskar Sembada. Seto sendiri menyerahkan ke manajemen soal Brian Fereirra.

Sementara itu pihak manajemen sendiri belum bisa bicara banyak tentang musim depan. Usai putaran pertama manajemen memang merencanakan langsung kembali menegoisasi sejumlah pemain yang dirasa layak kembali berseragam PSS musim depan. Upaya itu dilakukan agar pemain termotivasi di awal putaran dua sekaligus memagari mereka dari tawaran tim lain.

M Eksan, Asisten Manajer PSS sempat membeberkan rencana itu. Menurutnya Brian termasuk dari pemain yang akan dinegosiasikan. Selain itu ada nama-nama lain seperti Yevhen Bokhasvili, Kusheda Hari Yudo, dan Ega Rizky. “Kami ada rencana untuk memperpanjang kontrak terutama untuk pemain asing. Ini langkah kami melakukan pengamanan dan biar tidak kesulitan cari pemain lagi di musim depan. Saya sempat bicarakan dengan Pak Soekeno ada lampu hijau, tapi masih dipikirkan,” kata M Eksan. (Des)

Read previous post:
Mentimun Musuh Darah Tinggi

PEMILIK keluhan kesehatan darah tinggi atau hipertensi sering hati-hati saat akan menyantap sejumlah makanan. Satu di antaranya ketika akan mengkonsumsi

Close