Catut Nama Kapolres Sleman, Penipu Gagal Kelabui Kades

SLEMAN (MERAPI)- Sindikat penipu yang mengatasnamakan Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah gagal menipu sejumlah Kades di Sleman. Pelaku meminta uang kepada calon korban dengan berbagai alasan. Untungnya sejumlah kades yang dihubungi pelaku buru-buru mengkroscek ke kantor polisi sehingga mereka tak tertipu.
Para kades itu juga mengabaikan telepon tersebut lantaran nomor telepon yang dipakai merupakan nomor tidak dikenal. Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (7/11) membenarkan adanya percobaan penipuan itu.

“Iya bener kemarin ada tiga Kades klarifikasi soal permintaan uang tersebut. Saya imbau pada para Kades untuk berhati-hati,” beber AKBP Rizky Ferdiansyah. Dia mengatakan, pelaku mengaku sebagai ajudan Kapolres Sleman dan menghubungi sejumlah kades di Sleman. Sebagian besar berada di wilayah Moyudan. Kemudian pelaku meminta para kades itu untuk mentransfer uang dengan berbagai alasan. Termasuk untuk menutupi kekurangan uang penyelesaian masalah.
Mendapat telepon itu, korban tak begitu saja percaya. Mereka kemudian mengkonfirmasi ke Polsek terdekat. Saat itulah baru diketahui jika telepon itu tak pernah ada dan Kapolres Sleman tak pernah meminta uang kepada kades. Korban pun segera melapor ke polisi.

Untuk menghindari kejadian serupa, AKBP Rizky mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan tekepon yang mengaku pejabat. Sebab aksi modus serupa sudah sering terjadi. Untuk memastikannya, kata Rizky, sebaiknya mencari kebenarannya sebelum menuruti permintaan pelaku.
“Modus seperti ini sudah sering terjadi. Para pelaku juga memiliki banyak cara selain untuk mengaku sebagai anggota polisi,” terangnya.
Dikatakan Rizky, pihaknya akan melakukan penyelidikan guna mengungkap pelaku penipuan dengan mencatut nama petugas kepolisian. “Kami berharap tidak ada korban akibat ulah orang tidak bertanggungjawab tersebut,” tandasnya. (Shn)

Read previous post:
KETELADANAN NABI

NABI Muhammad SAW dilahirkan pada tanggal 12 Rabi`ul Awal Tahun Gajah di Makkah al-Mukarramah. Kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan momentum

Close