LBH Sembada Bedah Rumah Anak Yatim


Pembina LBH Sembada, Sapto Nugroho Wusono (2 dari kanan) memberi bantuan untuk rehabilitasi rumah yatim piatu. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Pembina LBH Sembada, Sapto Nugroho Wusono (2 dari kanan) memberi bantuan untuk rehabilitasi rumah yatim piatu. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

TURI (MERAPI) – Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sembada Sleman melakukan bedah rumah tak layak huni milik tiga bersaudara yatim piatu yakni Ragil Wahyudi siswa kelas IX SMPN 3 Turi, Septi siswi kelas 3 SMK dan Joko yang tinggal di Glagahombo Girikerto Turi Sleman.

“Sebagai lembaga bantuan hukum, LBH Sembada tidak hanya memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma. Tetapi kami juga memiliki kepedulian sosial bagi sesama yang membutuhkan, salah satunya kegiatan bedah rumah ini,” ujar Pembina LBH Sembada, Sapto Nugroho Wusono SH MH kepada wartawan, Kamis (7/11).

Dalam merehabilitasi atau bedah rumah tersebut, LBH Sembada mendapat dukungan dari SMPN 3 Turi, Pemerintah Desa Girikerto dan relawan Jogja Magelang Elektronik (JME) bersama warga sekitar.

Sebelumnya, kepedulian LBH Sembada tersebut muncul setelah melihat rumah yang dihuni ketiga anak yatim piatu kondisinya memprihatinkan dan tidak layak huni. Apalagi musim hujan sudah mulai datang sehingga harus cepat dilakukan pembenahan karena kayu plafon penyangga genteng sudah lapuk dan harus diganti.

Untuk itulah secara spontan LBH Sembada menggalang bantuan dari donatur untuk perbaikan rumah tersebut. Selain mengumpulkan dana untuk rehab atau bedah rumah ternyata banyak donatur memberikan bantuan material.

Dalam perbaikan rumah, selain dilakukan penggantian plafon juga dilakukan penguatan tembok dengan penambahan ring beton atas. Selain itu dalam rehab rumah ukuran 4 X 5 meter juga dilakukan penambahan jendela dan pemasangan daun pintu. Agar kondisi rumah menjadi nyaman dilakukan perbaikan lantai dan pembangunan kamar mandi maupun resmiuang dapur. (C-5)


Read previous post:
Program AUTP Iringi Kesuksesan Lahan Serasi di Batola

BATOLA (HARIAN MERAPI) - Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) turut berperan dalam program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di

Close