DIHARAPKAN JADI PERCONTOHAN DI INDONESIA- PN Yogya Menuju Pengadilan Modern


Ketua PN Yogya saat menerima perwakilan Kemenpan RB dengan meninjau berbagai fasilitas pengadilan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Ketua PN Yogya saat menerima perwakilan Kemenpan RB dengan meninjau berbagai fasilitas pengadilan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

YOGYA (MERAPI) – Guna memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat, Pengadilan Negeri (PN) Yogya berusaha menjadi pengadilan modern. Hal itu dilakukan sekaligus untuk mengikuti perkembangan zaman.

“Ke depan kami ingin mewujudkan PN Yogya menjadi pengadilan modern di Indonesia. Sehingga PN Yogya menjadi salah satu percontohan pengadilan modern di Indonesia,” ujar Ketua PN Yogya, Budi Prasetyo SH MH usai menerima kunjungan dari perwakilan Kemenpan RB di PN Yogya, Senin (4/11).

Untuk mewujudkan hal itu, PN Yogya telah melengkapi dengan fasilitas penunjang. Salah satu di antaranya ruang tunggu anak, klinik kesehatan sampai kafe kejujuran. Selain itu pelayanan pengadilan sudah dilakukan secara elektronik maupun online.

Hal itu akan memudahkan masyarakat pencari keadilan dalam mendaftarkan perkara sampai persidangan. Karena dengan sistem online nantinya memungkinkan dalam penanganan perkara perdata pihak penggugat maupun tergugat tidak harus datang ke pengadilan saat pembacaan gugatan dan jawaban.

“Sebelum adanya kunjungan dari perwakilan Kemenpan RB kami sebelumnya ke Jakarta untuk melaporkan sekaligus mempresentasikan program-program pengadilan. Selanjutnya hari perwakilan Kemenpan RB datang meninjau langsung PN Yogya untuk melihat kondisi pengadilan,” lanjut Budi menjelaskan.

Selain itu, untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI), PN Yogya telah mewujudkan transparansi layanan pengadilan mulai dari keterbukaan administrasi perkara. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan birokrasi bersih dari korupsi. (C-5)


Read previous post:
PEMKOT JAWAB KEKHAWATIRAN WARGA-Akhirnya, Galian Proyek Drainase Mangkrak Bakal Ditutup

UMBULHARJO (MERAPI)- Proyek saluran drainase di Jalan Babaran Yogyakarta yang mangkrak akhirnya bakal dinormalisasi. Material yang menutup saluran dibersihkan dan

Close