Bobol Rumah, Pencuri Gondhol Koin Emas Hingga Liontin

NGEMPLAK (MERAPI)- RS (34) asal Sambirejo, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur dibekuk aparat Polsek Ngemplak, Sleman, Kamis (17/10) pukul 23.45 WIB. Penyebabnya, dia bersama satu rekannya membobol rumah Agung Sulistyo (33) warga Umbulmartani Ngemplak dan menggasak perhiasan senilai puluhan juta rupiah pada Minggu lalu.
Kapolsek Ngemplak Kompol Wiwik Haritulasmi kepada wartawan, Jumat (18/10) mengatakan, dalam aksinya itu pelaku berhasil mengambil perhiasan korban berupa koin emas, liontin, kalung, gelang, cincin, gelang, kamera, speaker dan empat handphone. Atas kejadian itu korban mengalami kerugian Rp 20 juta. Dia beraksi saat rumah dalam kondisi kosong karena ditinggal bepergian.

Korban lantas melaporkan kasus tersebut ke Polsek Ngemplak Kamis (17/10). Mendapat laporan itu, petugas bergerak cepat dengan melakukan penyelidikan dan memintai keterangan korban.
Setelah dilakukan penyelidikan, termasuk memeriksa rekaman kamera CCTV di sekitar rumah korban, petugas berhasil mengidentifikasi pelaku. Tidak butuh lama bagi polisi untuk mengetahui keberadaan pelaku. Dia pun dibekuk di wilayah Danurejan Yogyakarta.
Selanjutnya RS beserta barang bukti digelandang ke Polsek Kalsan guna dilakukan pemeriksaan. Kendati demikian, dalam penangkapan tersebut salah satu pelaku berinisial AN berhasil melarikan diri.
“Kita berhasil amankan satu pelaku. Satu pelaku lainnya yang sudah kita ketahui identitasnya masih dalam pengejaran karena berhasil melarikan diri saat akan ditangkap,” beber Wiwik.

Dijelaskan Wiwik, dari hasil pemeriksaan sementara, barang curian berupa emas sudah terjual ke orang lain. Sedangkan barang elektronik lainnya juga sudah dijual ke orang lain, saat ini masih dalam pencarian petugas.
“Kita amankan barang bukti berupa satu handphone, obeng dan sepeda motor pelaku,” katanya.
Atas perbuatannya, kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polsek Ngemplak. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberat dengan ancaman kuringan penjara malsimal 7 tahun. (Shn)

Read previous post:
Grebeg Pasar Semarakkan HUT Kota Yogya

GREBEG pasar tradisional akan kembali diadakan tahun ini pada Sabtu (19/10) untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-263 Kota Yogyakarta.

Close