ANGGARAN GUNUNGKIDUL PALING BESAR-Pilkada di 3 Kabupetan di DIY Siap Digelar

UMBULHARJO (MERAPI)- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di DIY siap dilaksanakan di tiga kabupaten. Hal itu menyusul telah ditandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk anggaran pelaksanaan pilkada di ketiga kabupaten.
“Sesuai ketentuan target 1 Oktober NPHD untuk Pilkada harus sudah ditandatangani. Tiga kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak sudah menandatangani NPHD,” kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan dalam jumpa pers Senin (1/10).
Tiga kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 di DIY adalah Bantul, Gunungkidul dan Sleman. KPU DIY mencatat untuk Bantul dalam NPHD anggaran Pilkada sekitar Rp 21, 5 miliar, Sleman sekitar Rp 25,1 miliar dan Gunungkidul Rp 27,7 miliar. Anggaran itu dari APBD masing-masing kabupaten.

“Dengan sudah dianggarkan di tiga kabupaten maka tiga kabupaten di DIY siap mengadakan Pilkada serentak,” ujarnya.
Dia menyatakan ada beberapa tahapan Pilkada serentak 2020 yang akan dilakukan dalam waktu terdekat di antaranya tahap sosialisasi, pengumuman jumlah minimal dukungan jalur perseorangan dan pembentukkan badan adhoc Pilkada seperti panitia pemilihan kecamatan dan Panitia Pemilihan Suara. Untuk pendaftaran pasangan calon kepala daerah dimulai 16-18 Juni 2020. Pemungutan suara Pilkada serentak dilaksanakan pada 23 September 2020.
“Untuk jalur perseorangan tahapan penyerahan dukungan sudah dimulai Desember 2019. Ada format dukungan perseorangan dari KPU. KPU DIY akan mengawal dan melakukan supervisi pelaksanan pilkada agar sesuai tahapan,” paparnya.
Sementara itu Komisioner KPU DIY Wawan Budiyanto menjelaskan untuk dukungan minimal jalur perseorangan telah diatur dalam UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan terkait UU nomor 1 tahun 2014 tentan pemilihan gubernur, bupati, walikota. Bagi daerah yang memiliki jumlah penduduk dalam daftar pemilihan tetap (DPT) antara 500 ribu sampai 1 juta pemilih, dukungan minimal 7,5 persen.

“Basis dukungan minimal berdasarkan jumlah DPT pemilu sebelumnya. Pada Pemilu sebelumnya jumlah DPT Sleman, Bantul dan Gunungkidul di kisaran 500 ribu sampai satu juta. Selain syarat jumlah minimal dukungan juga dilihat dari persebarannya,” jelas Wawan.
Menurutnya secara aturan dan mekanisme, Pilkada serentak 2020 sama dengan pilkada sebelumnya. Dia mengatakan dalam aturan UU sudah mengampu pemilihan secara elektronik baik pemungutan dan rekap suara. Namun untuk kepastian itu dalam Pilkada serentak 2020 masih menunggu aturan teknisnya.(Tri)

Read previous post:
Demi Beli Miras, Nekat Tipu Teman

PAKEM (MERAPI)- Nanang Setiawan, pemuda asal Gunungkidul merugi hingga Rp 14 juta. Pasalnya, motor miliknya digelapkan dan dijual temannya sendiri,

Close