Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Dimulai Lebih Pagi

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Uji coba semi pedestrian Malioboro akan diuji cobakan kembali pada Selasa Wage (1/10) mendatang. Pada uji coba keempat tersebut akan dimulai lebih pagi, yakni dari pukul 06.00 dari sebelumnya pukul 09.00 WIB.

“Kami kembalikan lagi penerapan semi pedestrian mulai pukul 06.00 sampai pukul 21.00 WIB seperti uji coba pertama dan kedua,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif, Rabu (25/9).

Seperti diketahui pada uji coba Malioboro semi pedestrian ketiga pada bulan Agustus lalu, dimulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Dia menyatakan pertimbangan mengembalikan penerapan Malioboro semi pedestrian mulai pukul 06.00 WIB agar para pedagang kali lima dan komunitas di Malioboro bisa lancar melakukan kegiatan bersih-bersih.

Menurut dia, pengembalian waktu pelaksanaan uji coba ke pukul 06.00 WIB tersebut ditujukan agar kegiatan bersih-bersih Malioboro yang dilakukan seluruh komunitas di kawasan wisata tersebut dapat berjalan dengan lancar. Uji semi pedestrian dilakukan bersamaan dengan kegiatan Selasa Wage Reresik Malioboro oleh komunitas di kawasan tersebut.

“Harapannya pukul 06.00 sampai 09.00 WIB untuk reresik Malioboro. Saat pagi hari biasanya juga ada aktivitas pagi masyarakat yang menikmati car free day di Jalan Malioboro saat semi pedestrian,” paparnya.

Sedangkan untuk manajemen lalu lintas saat semi pedestrian sama seperti pada uji coba tahap ketiga. Semua sirip–sirip jalan dibuat dua arah dan kendaraan bermotor tidak boleh melintas masuk Malioboro. Sirip jalan yang dibuat dua arah yaitu Jalan Sosrowijayan, Jalan Dagen, Jalan Perwakilan dan sebagian ruas Jalan Suryatmajan. Namun kendaraan bermotor dari Jalan Suryatmajan boleh melintasi Jalan Malioboro untuk menuju Jalan Pajeksan,

Arah masuk dan keluar kendaraan di Jalan Sosrowijayan dan Jalan Dagen berada di sisi barat atau di Jalan Gandekan. Sedangkan arah masuk dan keluar kendaraan di Jalan Perwakilan berada di sisi timur atau di Jalan Mataram. (Tri)

Read previous post:
Ziarah Makam Tokoh KR Jelang HUT ke-74

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Keluarga besar PT BP Kedaulatan Rakyat (KR) menggelar ziarah ke makam sejumlah pendiri dan penerus KR

Close