Lowongan 197.111 CPNS Dibuka Oktober

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN RB) membuka lowongan 197.111 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Oktober mendatang.

Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, dari kebutuhan CPNS tersebut akan dibuka 37.854 formasi untuk pusat dan 159.257 formasi daerah.

“Prioritas pada tenaga teknis untuk mendukung pembangunan daerah, infrastruktur, tenaga pengajar dan kesehatan,” ungkapnya di acara Rapat Kerja Nasional di Marriot Hotel Yogyakarta, Rabu (25/9).

Untuk kebutuhan daerah, Dwi memastikan akan lebih diutamakan guru dan tenaga kesehatan. “Kita sedang memperbaiki komposisi, pegawai kita sekarang masih didominasi oleh pegawai administrasi umum, nah kita ingin mengubah, yang lebih kita prioritaskan adalah tenaga teknis,” paparnya.

Pada seleksi CPNS tahun ini, dia mengatakan, pemerintah juga menyediakan kuota khusus formasi untuk pelamar penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora serta putra Papua/Papua Barat.

Kendati demikian, Dwi belum dapat memastikan jumlah kuota khusus itu. Untuk penerimaan CPNS 2019, para pelamar yang pada seleksi CPNS 2018 lulus P1 atau seleksi kompetensi dasar (SKD) tetapi tidak bisa lulus menjadi PNS dapat menggunakan nilai yang lama dan bisa langsung mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Mereka diberi kesempatan untuk menggunakan nilai yang lama jadi bisa langsung ikut SKB. Namun demikian apabila mereka ingin mengulang mengikuti seleksi SKD mereka diberi kesempatan mengulang dan yang akan dipergunakan adalah nilai yang lebih baik,” ujarnya.

Di DIY sendiri sudah lima tahun tidak ada pengangkatan, padahal kebutuhan beberapa sektor dikatakan mendesak. Hal ini ditegaskan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Sudah lima tahun tidak ada pengangkatan, kebutuhan pemda yang mendesak tenaga guru dan kesehatan,” ujarnya.

Ia berharap tahun ini dapat terpenuhi demi menunjang kelancaran jalannya pemerintahan di Yogyakarta. (C-4)

Read previous post:
Kementan Minta Stakeholders Salurkan Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

JAKARTA (HARIAN MERAPI)-- Kementerian Pertanian (Kementan) meminta kepada semua pihak terkait (stakeholders) untuk menyalurkan pupuk, terutama pupuk bersubsidi dengan tepat

Close