Nilai Pancasila Harus Dikonkretkan

MERAPI-TEGUH  Dr. Ririt Yuniar.
MERAPI-TEGUH
Dr. Ririt Yuniar.

SEWON (MERAPI) – Pancasila sebagai dasar negera menjadi paradigma nasional sekaligus mengandung makna bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi pedoman bagi masyarakat.

“Nilai dasar ini acapkali dianggap pedoman yang normatif dan abstrak yang dapat dijadikan landasan dalam kegiatan bernegara. Meski begitu, nilai-nilai ini dapat dikonkritkan menjadi sebuah aksi tindakan nyata dalam kehidupan keseharian. Lebih mengerucut lagi ini juga dapat dipedomani seluruh lapisan masyarakat dalam segala macam profesinya,” kata Dr. Ririt Yuniar, S.Sos.,M.Hum., Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila Jakarta, dalam Kuliah Umum Tematik “Strategi komunikasi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai Materi Inspirasi Pendidikan Seni Pertunjukan” di Gedung Kuliah Umum Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, Selasa (17/9).

“Dalam profesi pendidik atau guru tentunya dalam konteks belajar mengajar sebagai salah satu tugas profesi pendidik, sebaiknya dapat menerapkan dan menjadi teladan yang baik dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Sementara Kaprodi Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Dr. Nur Iswantoro kepada Merapi mengungkapkan, kuliah umum tematik merupakan bagian dari rasa syukur atas usia Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Yogyakarta yang sudah berusia 5 tahun. Menurut Nur, momentum ini disamping untuk merenung juga untuk memahami Pancasila sebagai dasar negara dalam dimensi keilmuan Pendidikan Seni Pertunjukan.

“Ini juga berkaitan dengan lustrum VII dan Dies Natalis ISI yang ke 35 yang tetap konsisten dengan visi misi berlandaskan Pancasila.Untuk itu perlu adanya penyegaran refleksi bagi civitas akademi mengamalkan Pancasila secara realistik, baik ilmiah seni maupun proses kreatif berkesenian,” ucap Nuris.

Menurut dia, Pancasila sebagai dasar negara sudah final, untuk nilai-nilai Pancasila akan sesuai jiwa zaman jika digerakan oleh anak bangsa yang paham arti dan makna nilai-niai Pancasila. Pada dunia seni sudahkah memakai paradigma nilai-niai Pancasila dalam kehidupan keseharian dan dalam kehidupan kampus, ini yang harus terus digelorakan. (C-3)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA/HUMAS SLEMAN Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengukuhkan Desa Girikerto, Turi sebagai sentra susu kambing etawa.
DIKUKUHKAN WAKIL BUPATI SLEMAN: Girikerto Sentra Susu Kambing

TURI (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Sleman mengukuhkan sentra susu kambing etawa di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Selasa (17/9). Sentra susu

Close