Pakai Jaket Doreng, Duet Perampok Todongkan Pistol Mainan

KALASAN (MERAPI)- Dua orang perampok ditangkap Tim Opsnal Polsek Kalasan di dua lokasi berbeda, Senin (16/9) petang. Mereka beraksi cukup nekat. Yakni masuk ke mobil korban, menodongkan pistol mainan kemudian merampas HP serta uang. Di Kalasan, keduanya beraksi di Dusun Kringinan, Tirtomartani.
Kapolsek Kalasan Kompol Imam Santoso kepada wartawan, Selasa (17/9) mengatakan, kedua pelaku yang diamankan yakni PS (35) warga Medan yang tinggal di Dusun Sidokerto Kujon, Purwomartani, Kalasan dan PM (26) warga Bandar Simalunggung yang tinggal di Kebondalem Kidul Prambanan Klaten.
“Keduanya beraksi pertengahan bulan Agustus lalu. Dari hasil penyelidikan, keduanya berhasil kita amankan di lokasi berbeda,” kata Kompol Imam Santoso.
Dijelaskan, kasus tersebut bermula saat korban Herni Handayani (35) memarkirkan mobil Toyota Avanza B 1187 PIE di Jalan Solo, tepatnya Dusun Kringinan Tirtomartani Kalasan. Begitu mobil korban berhenti, tersangka PM lantas turun dari sepeda motor dan langsung mendekati mobil. Pelaku yang memakai jaket doreng selanjutnya menanyakan kenapa berhenti sambil membuka pintu dan tiba-tiba masuk ke dalam mobil korban yang sedang parkir.

Tanpa banyak berkata-kata, pelaku langsung menodongkan pistol mainan ke arah korban sambil meminta barang berharga. Korban yang ketakutan lantas menyerahkan dua handphone dan uang Rp 300 ribu.
Usai melakukan aksinya, kedua pelaku langsung meninggalkan lokasi kejadian. Sementara korban yang berada di dalam mobil sendirian kemudian melaporkan peristiwa pencurian tersebut ke Mapolsek Kalasan guna penyelidikan lebih lanjut.
“Saat kejadian korban sendirian, sedangkan pelaku datang berdua. Mereka mengancam korban dengan pistol mainan. Korban yang ketakutan hanya bisa pasrah saat barang berharga miliknya diambil pelaku,” jelasnya.
Setelah mendapat laporan tersebut, dengan dipimpin Kanit Reskrim Polsek Kalasan Iptu Sutarno, polisi lantas melakukan penyelidikan. Sejumlah saksi diperiksa. Termasuk rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian. Setelah sebulan melakukan penyelidikan, polisi berhasil mengenali kedua pelaku.

Pada Senin malam lalu, petugas kemudian menangkap pelaku PM di daerah Prambanan Sleman. Sedangkan PS berhasil ditangkap di Jalan daerah Sorogenen, Kalasan. Kanit Reskrim Polsek Kalasan Iptu Sutarno menambahkan, selain mengamankan kedua pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua handphone milik korban, jaket doreng pelaku dan sepedamotor pelaku yang digunakan sebagai sarana melakukan aksi kejahatan.
“Uang hasil merampok diakui pelaku sudah habis digunakan. Tapi handphone belum sempat dijual dan masih dalam penguasaan pelaku,” katanya. (Shn)

Read previous post:
Kulonprogo Kerja Keras Atasi Kawasan Kumuh

WATES (HARIAN MERAPI) - Pemkab Kulonprogo sedang bekerja keras menanggulangi kawasan kumuh. Ini menyusul predikat yang diraih Kulonprogo sebagai kabupaten

Close