Perlintasan Sebidang Rawan Kecelakaan, PT KAI Gelar Sosialisasi

YOGYA (HARIAN MERAPI) – PT KAI Daop 6 Yogyakarta menggandeng pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan DIY, Pemda DIY, didukung PT Jasa Raharja melakukan sosialisasi di perlintasan sebidang di tiga titik yaitu Timoho, Lempuyangan dan HOS Cokro Aminoto Yogyakarta, Selasa (17/9).

Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, perlintasan sebidang merupakan salah satu titik rawan kecelakaan.

“Perlu sosialisasi lebih mengingat banyaknya pelintasan aktif di Daop 6 dan rawan kecelakaan,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat 445 perlintasan aktif di Daop 6. Sebanyak 120 perlintasan sudah dijaga, 240 perlintasan tidak dijaga. 58 perlintasan tidak resmi dan perlintasan tidak sebidang baik berupa flyover maupun underpass berjumlah 27.

MERAPI-WULAN YANURWATI
Sosialisasi di perlintasan Sebidang di Lempuyangan, Selasa (17/9).

Tak hanya imbauan untuk mematuhi aturan di perlintasan sebidang, di lokasi tersebut pihak kepolisian juga melakukan penegakan hukum. Kasi Tatib Subditbingakkum Ditlantas Polda DIY, Kompol Subarkah memimpin jalannya sosialisasi dengan berkomunikasi aktif dengan pengguna jalan. Kegiatan berjalan dengan santai dan mengasyikkan. Kegiatan serupa juga dilakukan serentak di sejumlah perlintasan sebidang di Jawa dan Sumatera.

Perlintasan sebidang sendiri merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan raya yang dibuat sebidang. Perlintasan sebidang muncul karena meningkatnya mobilitas masyarakat dalam menggunakan kendaraan yang melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.

Tingginya mobilitas masyarakat dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas memicu timbulnya permasalahan yaitu terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang. (C-4)

Read previous post:
Pakai Jaket Doreng, Duet Perampok Todongkan Pistol Mainan

KALASAN (MERAPI)- Dua orang perampok ditangkap Tim Opsnal Polsek Kalasan di dua lokasi berbeda, Senin (16/9) petang. Mereka beraksi cukup

Close