SP3 ALASAN KEDALUWARSA SAH- Praperadilan Elly terhadap Kapolda Ditolak


ilustrasi
ilustrasi

SLEMAN (MERAPI) – Sidang praperadilan yang diajukan pemohon Elly Ningsih terhadap termohon Kapolda DIY di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Selasa (17/9) akhirnya ditolak hakim. Pasalnya SP3 termohon dalam permohonan praperadilan No 7/Pid.Pra/2019/PN.Smn sah sesuai ketentuan hukum.

“Akhirnya hakim memenangkan kami. Sehingga perbuatan termohon melakukan SP3 sudah sesuai prosedur hukum,” ujar salah satu kuasa termohon, Pembina Heru Nurcahya SH MH kepada wartawan usai sidang.

Diketahui, dalam pertimbangannya hakim Eulis Nur Komariah SH MH menyatakan Akta No 72 dan 73 yang dibuat tahun 1990 yang dipergunakan sejak 1991. Sehingga terhadap tindak pidana pemalsuan sebagaimana diatur dalam Pasal 263 KUHP dihitung masa kadaluwarsa sejak sehari setelah digunakan berakhir pada 2003.

Selain itu termohon telah melakukan proses penyidikan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Sehingga tindakan termohon mengeluarkan Surat Ketetapan No S.Tap/21.b/I/2018 Direskrimum pada 30 Januari 2018 tentang SP3 atas LP No LP/784/VIII/2015/DIY/SPKT pada 11 Agustus 2016 telah sah dan berdasarkan hukum.

Atas putusan tersebut, pemohon melalui kuasa hukumnya Harapan Silalahi SH menghormati putusan hakim. Untuk itu ia masih tetap berjuang untuk praperadilan lain yang sampai saat ini masih berjalan. (C-5)

Read previous post:
SIDANG PENGGELAPAN PEMBANGUNAN RUMAH- Terdakwa Dilaporkan Karena Susah Dihubungi

BANTUL (MERAPI) – Terdakwa pemborong bangunan, SH (45) warga Karangasem Gilangharjo Pandak Bantul yang didakwa melakukan penggelapan uang pembangunan proyek

Close