Warga Ngalap Berkah Labuhan Puro Pakualaman

TEMON (HARIAN MERAPI) – Kadipaten Puro Pakualaman menggelar upacara Hajad Dalem Labuhan di Pantai Glagah, Selasa (10/9). Tradisi adat yang dilaksanakan turun temurun ini merupakan upaya pencegahan permasalahan antargenerasi, seiring perkembangan dinamika masyarakat saat ini.

Prosesi Labuhan Kadipaten Pakualaman diawali dengan kirab menuju Pendopo Pantai Glagah. Iring-iringan bregada ini membawa gunungan berisi hasil bumi dan pakaian.

Pengageng Pambudidoyo Kadipaten Puro Pakualaman, KPH Kusumo Prasoto mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan tiap 10 sura. Gunungan berupa hasil bumi yakni sayuran, padi dan kain merupakan simbol dari kemakmuran.

“Upacara ini merupakan bentuk terima kasih kepada Tuhan atas kemakmuran yang dirasakan. Sekaligus, kami juga memohon agar Kadipaten Pura Pakualaman beserta masyarakat selalu diberi keselamatan,” jelasnya.

Di Pendopo Pantai Glagah, gunungan yang dikirab kemudian didoakan. Setelahnya, dilarung ke laut dan sekembalinya ke daratan langsung diperebutkan masyarakat. KPH Kusumo Prasoto menerangkan, labuhan sura merupakan tradisi lama yang dilaksanakan rutin turun temurun. Dalam perkembangan zaman saat ini, tradisi tersebut tetap dilestarikan disertai harapan bahwa perbedaan yang ada di masyarakat tentang kepercayaan tidak menimbulkan konflik.

Setiap prosesi dalam pelaksanaan labuhan sura oleh Kadipaten Puro Pakualaman menyita perhatian masyarakat. Ratusan orang sudah memadati lokasi sejak pagi untuk menonton prosesi labuhan. Sebagian di antaranya juga mencari berkah dengan mengambil hasil bumi pada gunungan, sesaat setelah dilarung.

Seorang warga, Kanita mengatakan, dirinya datang karena penasaran dengan prosesi labuhan sura yang baru disaksikannya pertama kali. Pada kesempatan ini, dirinya juga ikut berebut isi gunungan seperti warga lainnya.

“Tadi lihat pada ngambil, jadi saya juga ikut rebutan. Nanti dimasak di rumah, mudah-mudahan memang berkah,” ucapnya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Nutricia Indonesia Foundation Kirim Dokter Spesialis Anak ke Belanda untuk Tingkatkan Kapasitas Profesional

MANADO (HARIAN MERAPI) – Kesehatan ibu dan anak terus menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam upaya membangun sumber daya manusia yang

Close