PELAKU BERULANGKALI NYURI-Warga Geram, Motor Maling Dirusak

SAMIGALUH (MERAPI) – Pemuda pengangguran warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, IF (21), nyaris menjadi bulan-bulanan massa setelah kepergok mencuri harta benda milik tetangganya sendiri, Maria Goretti. Warga merasa geram lantaran tindak pencurian ini sudah dilakukan IF berulang kali. Motor miliknya pun tak luput dari sasaran amuk massa hingga rusak parah. Namun beruntung, pelaku berhasil diamankan polisi.
Menurut keterangan, sebelum mencuri harta benda berupa emas dan uang tunai milik Maria, IF sudah dipenjara karena kasus serupa. Ia terbukti mencuri hasil panen warga berupa cengkeh, HP dan uang tunai hingga harus mendekam di balik jeruji besi selama empat bulan.
“Baru keluar penjara Februari lalu, tersangka mencuri di rumah Maria Goretti. Harta benda yang diambil adalah gelang emas seberat 20 gram dan uang tunai Rp 200.000,” kata Kapolsek Samigaluh, AKP Purnomo saat merilis kasus ini di Mapolres Kulonprogo, Senin (9/9).

Saat kejadian, kata dia, rumah ditinggal korban yang sedang pergi arisan. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan IF untuk masuk ke rumah Maria dan mengambil harta benda yang ada. Korban langsung melapor ke polisi dan ditindaklanjuti dengan olah TKP.
Hasil penyelidikan yang dilakukan petugas mengarah kepada IF. Ia ditangkap di sebuah warung saat sedang nongkrong. Sejumlah barang bukti pun diamankan dari tangan tersangka, berupa uang Rp 80.000, gelang emas curian, motor miliknya dengan nomor polisi AD 4286 BH serta sejumlah barang lain.
Mengetahui hal ini, warga pun geram. Motor milik tersangka tak luput dari amuk massa. Beruntung, pelaku berhasil selamat setelah diamankan petugas.

Kepada petugas, IF mengaku nekat mencuri karena butuh uang untuk beli rokok, bensin dan keperluan lainnya. Ia merasa mendapat kesempatan saat melihat korban pergi keluar rumah.
“Saya spontan masuk ke rumah korban untuk mengambil barang berharga setelah melihat pemiliknya pergi,” ucap IF.
Akibat perbuatannya, IF dijerat Pasal 362 KUHP. Ancaman hukumannya maksimal lima tahun penjara. (Unt)

Read previous post:
Ivan dan Aji Bayu Bakal Bersaing Jadi Kiper Utama PSIM

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Kehadiran pemain baru diharapkan memberikan angin segar bagi skuad PSIM Yogya yang mengusung target menembus LIga

Close