DIBENTUK FORUM OBH DIY- Perluas Akses Keadilan Masyarakat


Beberapa OBH membentuk Forum OBH DIY untuk memperluas akses keadilan masyarakat. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Beberapa OBH membentuk Forum OBH DIY untuk memperluas akses keadilan masyarakat. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

DEPOK (MERAPI) -Untuk memberi akses bantuan hukum kepada masyarakat luas, beberapa organisasi bantuan hukum (OBH) di DIY membentuk Forum OBH DIY di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) di Mrican Caturtunggal Depok Sleman, Senin (9/9).

“Kami sengaja membentuk wadah berupa Forum OBH DIY yang secara bersama-sama bersinergi satu sama lain untuk mewujudkan akses keadilan bagi masyarakat luas,” ujar Zogi Zul Fadhli SH, Direktur LBH Yogya kepada wartawan usai acara.

Dijelaskan, dalam pemberian akses bantuan hukum dilakukan dengan optimalisasi layanan bantuan hukum yang berkualitas. Untuk itu pihaknya mendorong adanya sinergi dan komunikasi antar-OBH dalam pemberian bantuan hukum.

Untuk itu salah satu langkah dapat ditempuh dengan meningkatkan layanan dan kualitas bantuan hukum. Selain itu yang paling penting dilakukan oleh OBH-OBH dengan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

Tak kalah penting, semua OBH agar melakukan advokasi bersama dengan kebijakan yang berkaitan dengan bantuan hukum seperti revisi kebijakan paralegal, mendorong perda bantuan hukum hingga adanya penganggaran bantuan hukum.

“Kami juga mendorong sinergitas dengan aparat penegak hukum dan agar melakukan verifikasi serta akreditasi bagi OBH yang belum mendapatkan serta melakukan advokasi bersama dalam pemberian bantuan hukum yang berkaitan dengan kejahatan struktural dan pelanggaran HAM,” tegas Zogi. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Lepas Pengawasan Orangtua, Bocah SD Terseret Ombak

WONOSARI (MERAPI)- Seorang wisatawan asal Solo, Jawa Tengah, Dinar (9) terseret ombak di Pantai Ngandong Kecamatan Tepus, Gunungkidul Minggu (8/9)

Close