OPERASI PATUH 2019 GUNUNGKIDUL- 2.000 Pelanggar Lalin Ditilang, 1.000 Ditegur


Operasi Patuh di Gunungkidul.(MERAPI-Bambang Purwanto)
Operasi Patuh di Gunungkidul.(MERAPI-Bambang Purwanto)

WONOSARI (MERAPI)- Sepuluh hari Operasi Patuh Progo 2019 digelar, Polres Gunungkidul menindak 2.000 pelanggar lalu lintas baik roda dua maupun empat dan dikenai sanksi berdasarkan atas Bukti Pelanggaran (Tilang), Minggu (8/9). Operasi digelar di sejumlah tempat termasuk di ruas jalan nasional dengan jumlah pelanggar terbanyak pengendara motor. Selain pengguna jalan operasi patuh juga dengan sasaran anggota Polri di lingkungan Polres setempat. “Operasi akan terus digencarkan termasuk dengan sasaran pengendara motor di bawah umur,” kata Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuviyan Minggu (8/9).

Tujuan digelar Operasi Patuh 2019 tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap lalu lintas gunak mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Karena itu dengan operasi ini diharapkan kondisi lalu lintas bisa berjalan tertib, aman dan lancar khususnya di lokasi yang rawan pelanggaran kecelakaan dan untuk mengurai kemacetan. Terutama di sepanjang jalan Wonosari-Yogya maupun ruas jalan menuju objek wisata yang selama ini selalu padat kendaraan bermotor. “Kegiatan yang kita lakukan proaktif dan pendekatan preventif dan harapannya mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas,”imbuhnya.

Operasi ini menitikberatkan delapan jenis pelanggaran yang menjadi prioritas penindakan pelanggaran yakni meliputi pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm, pengemudi roda empat yang tidak meggunakan safety belt, pengemudi yang membawa kendaraan melebihi kecepatan, pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, pengemudi yang masih di bawah umur dan pengemudi yang mabuk saat mengendarai kendaraan bermotor serta pengemudi yang menggunakan handphone saat mengendarai kendaraan serta kendaraan yang menggunakan lampu strobo, rotator dan sirine

. ”Adapun jenis pelanggaran yang sudah dikenai sanksi tilang terbanyak sepeda motor, sedangkan mobil meskipun ada tetapi tidak banyak,” terangnya. (Pur)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
PERSIAPAN MENUJU KONGRES- Rapimnas KAI Digelar di Yogya

YOGYA (MERAPI) - Kongres Advokat Indonesia (KAI) menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Hotel Grand Inna Yogya, Jumat - Minggu

Close