LAPORAN PELAPOR DI-SP3- Kapolda DIY Dipraperadilankan


Pemohon Elly (kiri) didampingi kuasa hukumnya saat memberi keterangan kepada wartawan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Pemohon Elly (kiri) didampingi kuasa hukumnya saat memberi keterangan kepada wartawan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SLEMAN (MERAPI) – Seorang pelapor, Elly Ningsih (56) menggugat praperadilan terhadap termohon Kapolda DIY ke Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Gugatan praperadilan sebanyak 4 permohonan diajukan langsung atas SP3 yang dilakukan termohon atas laporan yang diajukan pemohon.

“Kami terpaksa mengajukan praperadilan karena beberapa laporan polisi kasusnya tidak bisa dilanjutkan dengan dilakukan SP3,” ujar Hillarius NG Merro SH, kuasa hukum pemohon kepada wartawan, Sabtu (7/9).

Bahkan untuk memperjuangkan hak-haknya pemohon langsung mengajukan empat permohonan yang terdaftar di register kepaniteraan PN Sleman yakni Perkara No 6, 7, 8 dan 9. Untuk permohonan pertama telah disidangkan pertama pada Jumat 6 September lalu.

Disebutkan, gugatan praperadilan yang diajukan bertujuan untuk menguji dan membatalkan SP3. Selain itu pemohon atau pelapor berharap penyidik melanjutkan penyidikan terhadap laporan-laporan yang telah diajukan penggugat.

“Praperadilan ini kami ajukan sebagai salah satu cara mencari keadilan karena pemohon atau pelapor telah dizalimi. Dengan dilakukan SP3 maka hak-hak pemohon telah dirampas secara melawan hukum atas pemalsuan dokumen atas kepemilikan tanah di Jalan Kyai Mojo Kota Yogya,” imbuh Hillarius menegaskan.
Selain menguasakan kepada Hillarius, Elly juga menggandeng Harapan Silalahi SH, Anargha Nandiwardhana SH, Asror Multi Adi SH MHum, Agung Kristanto SH dan Eduardus Bryan K SH untuk memperjuangkan hak-hak hukumnya lewat praperadilan.

Dalam laporannya, diduga kuat ada pemalsuan tandatangan dalam dokumen. Hal itu telah terbukti dari hasil Labkrim Polri Semarang Jawa Tengah. Diketahui, terdapat surat waris yang sengaja dipalsukan.

Tetapi hal itu telah diabaikan pihak termohon selalu penyidik perkara a quo. Bahkan ditengarai ada dokumen atau bukti hilang dalam kekuasaan termohon.
Dari permasalahan tersebut pemohon sebenarnya sudah melakukan perjuangan mencari keadilan dengan mengadukan ke Mabes Polri. Dari dua gelar perkara yang dilakukan, Mabes Polri merekomendasikan agar termohon melanjutkan penanganan perkara tersebut. Tetapi anjuran tersebut diabaikan dan justru mengeluarkan SP3 atas laporan pemohon. (C-5)


Read previous post:
Saat Alumni IKIP Yogya Melukis di Laguna Depok

BANTUL (HARIAN MERAPI) - Festival Dayung 2019 memperebutkan trofi Bupati Bantul digelar Sabtu (7/9). Dalam rangkaian acara seharian itu, ada

Close