Jangan Tergiur Tawaran Cepat Berhaji

MERAPI-FEBRIYANTO/MCH2019 Akhmad Jauhari
MERAPI-FEBRIYANTO/MCH2019
Akhmad Jauhari

MADINAH (MERAPI)- Masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji dihimbau tidak tergiur dengan berbagai tawaran untuk berhaji tanpa antri. Jika mendapat tawaran tersebut hendaknya mencermati betul jenis visa yang akan digunakan.

” Harus ada kepastian apakah bisa meaksanakan haji atau tidak. Karena bisa jadi keamanan dan kepastian kurang terjamin,” ucap Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari, Kamis (5/9).

Sebab lanjut Jauhari, tawaran berhaji tanpa antri umumnya menggunakan visa haji mujamalah/furoda dan ziarah. Sedang untuk jemaah yang menggunakan visa ziarah akan sulit dipastikan dapat berhaji karena untuk masuk area Arafah harus memiliki visa haji.

“Meski warga Arab Saudi pun kalau mau masuk Arafah saat puncak haji harus punya tasrikh haji. Padahal puncak haji adalah Arafah. Jika tidak bisa ke Arafah berarti hajinya tidak sah,” ucap Jauhari.

Menurut Jauhari, lamanya antrian berhaji memang seringkali dimanfaatkan untuk memberikan penawaran menggiurkan. Hal itu yang menjadi catatan agar masyarakat makin waspada. (Feb)

Read previous post:
MENUTUPI AIB (8) – Bohong Lagi, Bohong Lagi

HARI itu Mary pulang ke rumah, setelah berbulan-bulan 'menghilang' dan mengaku sibuk dengan kegiatan KKN. Ia sengaja memilih datang pada

Close