GEBYAR ANUGERAH ‘KITA HARUS BELAJAR’: Cara Didik Harus Mengikuti Zaman

MERAPI - WULAN YANUARWATI  Kuis Kihajar dengan menggunakan gawai untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.
MERAPI – WULAN YANUARWATI
Kuis Kihajar dengan menggunakan gawai untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.

SLEMAN (MERAPI) – Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) begitu cepat sehingga mengubah pola pikir, budaya, dan tingkah laku sehari-hari. Hal ini menginisiasi Balai Tekkomdik DIY bekerjasama dengan Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan, Kemendikbud RI, menyelenggarakan kegiatan Gebyar Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2019, yang dibuka Kamis (29/8) di Sleman City Hall, dan berlangsung hingga Sabtu (31/8) besok.

Staf Khusus Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Komunikasi Publik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Suparto dalam sambutan mengatakan, TIK memiliki potensi yang dibutuhkan di segala bidang termasuk pendidikan/pembelajaran. “Digitalisasi adalah dunia anak milenial, pengajar harus mengikuti perkembangan zaman. Tidak bisa teori zaman lawas diaplikasikan pada anak zaman sekarang,” tuturnya.

“Model pembelajaran digital perlu dimodifikasi karena teknologi tidak dapat distop, guru yang harus ngikutin, bukan sebaliknya,” lanjut Suparto.

Kegiatan Gebyar Kihajar bertujuan meningkatkan dan mengapresiasi kemampuan akademik pendidik (guru) serta siswa dalam memaksimalkan TIK guna meningkatkan mutu pendidikan sehingga tingkat kebermanfaatan TIK bagi dunia pendidikan dapat diukur.

Salah satu agenda utama Gebyar Kihajar adalah Lokakarya Pendidikan dengan tema kekinian, sesuai tren di dunia pendidikan global. Kemajuan teknologi digital dalam dunia pendidikan menjadi tema utama. Melalui lokakarya ini, diharapkan para peserta memperoleh bekal yang memadai dan semakin siap dalam mendampingi para peserta didik tumbuh berkembang di era digital

Rangkaian kegiatan lain meliputi Kuis Kihajar untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, Lomba Menggambar jenjang SLB, Lomba Band Ipad bagi siswa SMA/MA/SMK, Lomba Penyiar Radio bagi siswa SMP/ MTs dan SMA/MA/SMK, Lomba Video Edukasi bagi siswa SMA/MA/SMK, Lomba Fotografi Pendidikan bagi siswa SMA/MA/SMK, Lomba Video Edukasi bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, Lomba Aplikasi Mobile untuk pembelajaran bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Lomba Pilot Drone untuk siswa. (C-4)

Read previous post:
GEBYAR PAUD KOTA YOGYAKARTA-Ajang Bermain dan Kenalkan Budaya

ANAK-anak usia dini di Kota Yogyakarta memenuhi Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo Kamis (29/8). Mereka terlihat asyik bermain dan menunjukkan bakat

Close