Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat Desa

PADA era revolusi 4.0, peran Perguruan Tinggi dalam pemberdayaan masyarakat desa sangat penting. Beberapa contoh peran Perguruan Tinggi dalam pemberdayaan masyarakat desa, yakni seputar  pengembangan sumber daya alam.

Tak kalah penting juga pengembangan sumber daya manusianya, teknologi tepat guna, serta perekonomian desa. Bahkan beberapa program utama yang sedang dikembangkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, misalnya memanfaatkan nilai tambah dari desa, tujuannya untuk meningkatkan skala ekonomi produksi.

Hal ini diungkapkan Staf Ahli dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Dr Ir Conrad Hendrarto MSc saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat dengan tajuk Sinergi dan Strategi Akademisi, Business, dan Government (ABG) dalam Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat yang Berkemajuan di Era Industri 4.0, bertempat di Hotel Grand Dafam Yogya, Selasa (27/08).

“Saat ini, ada beberapa program utama yang sedang kami kembangkan, salah satunya mengenai produk unggulan kawasan pedesaan. Kita mencoba untuk memanfaatkan nilai tambah dari desa, tujuannya untuk meningkatkan skala ekonomi produksi. Selain itu ada Badan Usaha Milik Desa atau BUMDesa, guna menggerakkan masyarakat desa agar dapat memanfaatkan lingkungan untuk membantu perekonomiannya,” tandas Conrad Hendrarto.

Sedangkan Dr Ir Gatot Supangkat MP IPM sebagai Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) menjelaskan, penyelenggara seminar ini adalah LP3M UMY bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan (IP) UMY. Saat menjadi narasumber seminar tersebut, Gatot antara lain menjelaskan, salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib untuk dilakukan adalah Pengabdian kepada masyarakat.

“Selain mengajar, peran dosen pada Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian. Hal tersebut telah tertuang pada pasal 60 huruf a UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen wajib untuk melaksanakan Tridharma, yang dalam hal tersebut berarti pengabdian kepada masyarakat sama pentingnya dengan penelitian dan pendidikan,” tandasnya. (Yan)


 
MERAPI-SULISTYANTO
Pembicara Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat hasil kerjasama LP3M dan IP UMY.

Read previous post:
Anggaran Pelantikan Anggota DPRD DIY Paling Murah

DANUREJAN (HARIAN MERAPI) - Anggaran pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD DIY periode 2019-2024 senilai Rp 102.130.000, merupakan anggaran

Close