UJI COBA SEMI PEDESTRIAN MALIOBORO-Sirip Jalan Dibuat Dua Arah

DANUREJAN (HARIAN MERAPI) – Arus lalu lintas kendaraan di sirip-sirip Jalan Malioboro akan diubah menjadi dua arah pada uji coba semi pedestrian Selasa Wage (27/8) besok. Kendaraan bermotor tidak boleh masuk ke Jalan Malioboro melalui sirip penyangga kecuali warga setempat, tamu hotel dan pekerja.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan, pada uji coba semi pedestrian Selasa Wage ketiga itu, ada rekayasa lalu lintas dengan mengubah arus dari satu arah menjadi dua arah. Rekayasa arus kendaraan lalu lintas dua arah itu diberlakukan di Jalan Sosrowijayan, Dagen dan Perwakilan.

“Arus di jalan-jalan itu dibuat menjadi dua arah dan tidak boleh masuk Jalan Malioboro. Kecuali penghuni atau warga setempat dan tamu hotel. Jadi hampir full bebas kendaraan bermotor,” kata Agus di Balaikota, belum lama ini.

Sirip-sirip Jalan Malioboro diberlakukan dua arah di Jalan Sosrowijayan, Dagen dan Perwakilan tapi tidak boleh masuk ke Malioboro. Artinya kendaraan yang masuk ke sirip-sirip Jalan Malioboro harus kembali keluar lewat jalan itu. Contoh arah masuk dan keluar di Jalan Sosrowijayan dan Dagen di sisi barat dari Jalan Gandekan. Kendaraan masuk dan keluar di Jalan Perwakilan di sisi timur dari Jalan Mataram.

Dia menuturkan jika pada uji coba semi pedestrian Selasa Wage sebelumnya sirip-sirip jalan masih diberlakukan satu arah. Kendaraan bermotor masih bisa melintas Malioboro masuk lewat Jalan Sosrowijayan dan keluar melalui Jalan Dagen. “Pada uji coba semi pedestrian Selasa (27/8) tidak ada lagi perlintasan kendaran bermotor lewat dari Jalan Sosrowijayan sampai Dagen,” ujarnya.

Uji coba semi pedestrian dengan perubahan rekayasa lalu lintas ini akan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Ia menyatakan perubahan pemberlakukan jam itu agar para pegawai, karyawan dan pekerja di kawasan Malioboro bisa lebih mudah masuk sebelum pukul 09.00 WIB. Kegiatan Selasa Wage PKL bersih-bersih Malioboro juga sudah selesai pukul tersebut.

Namun ada pengecualian bagi kendaraan dari Jalan Suryatmajan masih bisa melintas Malioboro ke sisi baratnya di Jalan Pajeksan. Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Pajeksan tetap satu arah dari timur ke barat. Jalan Suryatmajan sisi timur juga dua arah sampai depan kompleks Kepatihan. (Tri)

Read previous post:
Tarif Andong Online pada Jam Pertama Rp 150.000

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Pengunjung Malioboro dan kawasan wisata ikonik sekitarnya bisa menggunakan aplikasi untuk memesan andong. Andong online dikenakan

Close