5 Puskesmas di Yogya Layani Pendaftaran Online Lewat Aplikasi JSS

JETIS (HARIAN MERAPI) – Sebanyak 5 puskesmas di Kota Yogyakarta melayani pendaftaran antrean pasien secara online. Pendaftaran antrean puskesmas itu dilakukan melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) milik Pemkot Yogyakarta. Layanan secara online itu untuk memudahkan warga, sehingga tidak harus datang dahulu ke puskesmas mengambil nomor antrean.

“Layanan antrean online puskesmas ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan nomor pesanan antrean. Misalnya untuk kontrol kesehatan rutin,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Fita Yulia, saat peluncuran antrean puskesmas secara online di Puskemas Jetis, Jumat (23/8).

Dia menjelaskan untuk mengakses pendaftaran antrean puskesmas itu masyarakat harus mengunduh aplikasi JSS pada telepon selular berbasis android. Setelah itu pilih menu antrean puskesmas pada aplikasi JSS. Untuk mendaftar antrean puskesmas diperlukan identitas KTP dan BPJS Kesehatan.

“Pendaftaran pemesanan antrean dilakukan tiga hari sebelum pemeriksaan puskesmas. Kemudian verifikasi pendaftaran dilakukan saat jam kerja. Untuk mengecek nomor antrean layanan di puskesmas sampai berapa lewat website Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta,” terangnya.

Lima puskesmas yang melayani pendaftaran antrean secara online yakni Puskesmas Jetis, Umbulharjo I, Umbulharjo II, Kraton dan Mantrijeron. Diharapkan sampai akhir tahun 2019 sebanyak 18 puskemas yang ada di Kota Yogyakarta semuanya sudah melayani pendaftaran antrean secara online.

Dalam kesempatan itu juga diluncurkan layanan digital layanan elektronik Industri Rumah Tangga Pangan (e-IRTP) atau lebih dikenal PIRT dan layanan surat warga. Dia menyampaikan layanan e-IRTP membuat pendaftaran pengurusan PIRT bisa dilakukan 24 jam dan memantau perkembangaan pengurusan serfikasi PIRT sampai terbit.

Sedangkan layanan surat warga berupa layanan surat pengantar RT/RW, melapor sementara, notulensi dan pengurusan lembaga masyarakat. Tiga layanan antrean puskesmas, e-IRTP dan layanan surat warga itu menambah menu pada aplikasi layanan terpadu JSS Pemkot Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan selain memudahkan, sistem pendaftaran antrean puskesmas secara onlne itu sekaligus mendata penyakit yang dialami masyarakat. Menurutnya dengan adanya berbagai layanan publik secara online dalam aplikasi JSS membuat warga terlayani tanpa keluar dari rumah dan bisa diakses kapan saja. (Tri)

Read previous post:
Irigasi Perpompaan Asa Baru Harapan Tercapai Petani Sejahtera

BANDUNG (HARIAN MERAPI)- Sebagian besar kehidupan dipedesaan adalah petani dan buruh tani, tidak ada pekerjaan yang bisa digantungkan untuk memenuhi

Close