TIRTOMULYO RINTISAN DESA BUDAYA-Ajak Masyarakat Lestarikan Berbagai Kesenian Daerah

DESA Tirtomulyo Kecamatan Kretek pada tahun 2019 resmi dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Untuk menyambut status baru dan membuktikan ke masyarakat luas, Pemerintah Desa Tirtomulyo melaksanakan gelar budaya.

Lurah Desa Tirtomulyo Sujadi menjelaskan, acara gelar budaya dilakukan untuk menunjukkan bahwa masyarakat di desa yang dipimpinnya melestarikan dan memiliki seni dan budaya. Sehingga status Desa Rintisan Budaya patut disandang yang dibuktikan dengan dimilikinya kesenian tradisional.

“Gelar Budaya telah kita selenggarakan di Halaman Kantor Desa Tirtomulyo 17 Agustus 2019 bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-74. Berbagai kesenian daerah kita tampilkan dan tunjukkan ke masyarakat luas,” kata Sujadi dikantornya, Kamis (22/8).

Atas pengukuhan tersebut, pemerintah desa menyambut baik dan mendukung program dari Dinas Kebudayaan yang menunjuk Desa Tirtomulyo sebagai Rintisan Desa Budaya. Sekaligus mendorong masyarakat untuk membangkitkan kebudayaan dan kesenian yang ada di Kabupaten Bantul .

“Saya merasa bangga dan senang dengan program ini. Untuk itu saya mengajak kepada masyarakat agar terus melestarikan atau nguri-uri kebudayaan dan kesenian di desa kita “pintanya.

Dijelaskan Sujadi, saat gelar budaya dihadiri langsung Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko, Camat Kretek Cahya Widodo dan jajaran perangkat Desa Tirtomulyo. Pada kesempatan tersebut Nugroho Eko menyampaikan bahwa pihaknya akan memonitoring langsung perkembangan kesenian tradisional dan budaya di Tirtomulyo dan desa-desa lain.

Menurut Eko, satu di antara dua belas desa di Kabupaten Bantul, Tirtomulyo termasuk yang ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan sebagai Rintisan Desa Budaya. Berbagai kesenian ditampilkan menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul tidak salah memilih.

Sementara itu, Ketua Panitia Gelar Budaya, Sri Maryanto yang juga selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tirtomulyo menambahkan, acara tersebut menampilkan berbagai macam kesenian seperti reog, karawitan Mulyo Laras, macapat Lestari Kasih serta ketoprak Mulyo Budoyo. (Awn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Kecanduan Judi

DI zaman yang serba transparan ini, masih saja ada orang ketipu modus penerimaan CPNS. Ini pula yang dialami Rt, warga

Close