DIDATANGKAN DARI PADANG – Beli Ganja Wirausahawan Diadili


Terdakwa tertunduk lesu mendengarkan pembacaan dakwaan dalam sidang di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa saat mendengar pembacaan dakwaan dalam sidang di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Seorang wirausahawan muda, AP alias Bram (25) warga Gondolayu Lor JT II/1223 Cokrodiningratan Jetis Kota Yogyakarta disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Kamis (22/8). Terdakwa tertangkap tangan petugas setelah membeli ganja yang dikirim melalui paket dari Padang Sumatera Barat.

Jaksa Affif Panjiwilogo SH dalam dakwaan mengungkapkan, awalnya pada Selasa 28 Mei 2019 pukur 10.00 anggota Resnarkoba Bantul mendapat informasi dari masyarakat ada warga Gondolayu yang akan memesan ganja melalui instagram yang diduga berasal dari Padang.

Atas dasar informasi tersebut, petugas bekerja sama dengan jasa pengiriman JNE Umbulharjo untuk koordinasi jika ada paket dari Padang Provinsi Sumatra agar memberi kabar. Selang beberapa hari pada Jumat 31 Mei 2019 pukul 09.00 petugas JNE Umbulharjo memberitahukan ada paket yang berasal dari Padang yang ditujukan kepada Wisnu dengan alamat Gondolayu Lor.

Selanjutnya petugas mendatangi Kantor JNE Umbulharjo untuk melihat paket tersebut sekaligus untuk koordinasi dalam hal pengirimannya. Petugas pun mengikuti kurir JNE untuk mengantar ke alamat tujuan. Setelah paket diterima yang dituju bernama Wisnu selanjutnya kurir JNE meninggalkan tempat tinggal.

Setelah itu petugas mendatangi alamat penerima tersebut dan ketika berhasil bertemu dengan pemilik rumah diketahui bernama Abraham. Petugas melihat paketan dan meminta terdakwa membuka paket berisi ranting, daun dan biji ganja. Setelah sempat ditanyakan kembali diakui jika paketan tersebut memang benar milik terdakwa.

Diakui terdakwa, ganja sebelumnya dipesan pada Selasa 28 Mei 2019 pukul 15.00 melalui akun instagram atas nama GUEVARASTA2ND seharga Rp 600 ribu. Untuk itu terdakwa berikut barang bukti diamankan petugas untuk pemeriksaan lebih lanjut. Perbuatan terdakwa diatur dan diancam pidana pasal 111 Ayat (1) dan pasal 127 UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. (C-5)


Read previous post:
Uji Ketangguhan New Triton di Medan Off Road Balikpapan

BALIKPAPAN (HARIAN MERAPI)- Uji ketangguhan model pick-up double cabin terbaru New Triton dari Mitsubishi Motors digelar di medan off road

Close