Mahasiswa Baru Diajak Tepung, Dunung dan Srawung

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Paniradya Kaistimewan menyambut mahasiswa baru dengan mengelar kegiatan bertajuk Jogja Menyapa: Ngaruhke, Ngarahke-Tepung, Dunung, Srawung di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 19-20 Agustus 2019.

Pimpinan Paniradya Kaistimewaan Yogyakarta Benny Suharsono mengatakan, kedatangan mahasiswa baru (maba) di Yogyakarta menjadi saat yang tepat untuk mengenalkan keistimewaan Yogyakarta, dari segi sosial, kemasyarakatan, seni budaya, kesantunan dan keramahtamahan.

“Ngaruhke dan ngarahke itu menyambut dan mengarahkan sehingga mahasiswa yang akan menjadi warga baru di Yogyakarta dan tuan rumah dapat saling mengenal dan memahami. Tidak harus menjadi orang Jawa untuk tinggal di Yogya, tetaplah menjadi orang Batak, Papua dan sebagainya,” katanya saat jumpa pers, Senin (19/8).

Lokasi acara di Universitas Gajah Mada terbuka dan gratis bagi mahasiswa baru dari semua kampus di yogyakarta dan tetap terbuka untuk mahasiswa lama. “UGM dipilih sebagai tempat awal untuk memulai, ada kedekatan historis dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, selanjutnya tidak menutup kemungkinan untuk berkeliling di Kampus lainnya,” imbuh Benny.

Saling mengenal antara mahasiswa baru dengan warga Yogyakarta diharap bisa tepung (paham dan mengerti), dunung (mengenal lebih dekat) dan srawung (menjalin hubungan dekat dan akrab). Proses alkulturasi dan inkulturasi budaya warga baru dengan masyarakat Yogyakarta berlangsung dengan tetap mengedepanan Bhinneka Tunggal Ika.

Gelaran Jogja Menyapa sebagai upaya mendekatkan mahasiswa baru dengan Yogyakarta menggunakan dana keistimewaan dan selebihnya didukung Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY. Rangkaian acara kegiatan antara lain dialog budaya, tarian tradisional, Keroncong Plesiran, gojekan dan plesean, serta penampilan dari Didi Kempot. (C-4)

Read previous post:
Potensi Kampung di Yogya Dipetakan

TEGALREJO (HARIAN MERAPI) - Setiap kampung di Kota Yogyakarta memiliki potensi dan kekurangan masing-masing. Untuk mewujudkan kemajuan kelurahan maka diperlukan

Close