Pawai Gerobak Sapi di Kalasan Meriahkan HUT Kemerdekaan

MERAPI-Atiek Widyastuti H  Gerobak sapi melintas sepanjang jalan Selomartani Kalasan.
MERAPI-Atiek Widyastuti H
Gerobak sapi melintas sepanjang jalan Selomartani Kalasan.

SLEMAN (MERAPI) – Puluhan gerobak sapi mengikuti pawai guna memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8). Mereka tergabung dalam komunitas gerobak sapi Makarti Roso Manunggal yang sebagian besar dari Sleman timur.

Mengambil start di Dusun Sambirejo Desa Selomartani Kecamatan Kalasan, pawai menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer. Mereka berkeliling Desa Selomartani dan menyempatkan diri berhenti sejenak di Monumen Perjuangan Plataran.

“Ini sudah tahun yang keempat. Selain ada lomba-lomba, kami juga ada pawai gerobak. Selain untuk nguri-nguri budaya Jawa, juga ikut memeriahkan hari kemerdekaan,” ujar Ketua Panitia Sarwono.

Monumen Perjuangan Plataran Selomartani sengaja dipilih, karena saat sama perjuangan. Pada 1949 lalu, di lokasi tersebut terjadi perjuangan dari taruna Akademi Militer yang gugur saat melawan Belanda. “Karena banyak anak-anak yang juga ikut naik gerobak. Kami ingin tanamkan semangat patriotisme kepada generasi muda,” ungkapnya.

Dari Monumen Perjuangan Plataran, gerobak sapi kembali ke titik kumpul pertama. Di Dusun Sambirejo. Namun, ada juga langsung langsung pulang karena rute yang dilewati dekat dengan rumah mereka. (Awh)

Read previous post:
2.000 Penari Beratraksi di Karnaval Kemerdekaan Sabilulungan

BANDUNG (HARIAN MERAPI)- Tarian Kolosal ceta cetok kuminyar Sabilulungan hebohkan Karnaval Kemerdekaan Sabilulungan. Kegiatan digelar di kawasan Jalan Al Fathu,

Close