Lolos Administrasi, 7 Calon Sekda dari PNS Pemkot Yogya

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Sebanyak 7 pendaftar calon sekretaris daerah (sekda) Pemkot Yogyakarta lolos seleksi administrasi. Semua pendaftar calon sekda yang berasal dari PNS Pemkot Yogyakarta itu juga berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

“Panitia seleksi sudah membuat laporan ke kami. Hasilnya ada tujuh pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Semua pendaftar dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Yogya. Tidak ada pendaftar dari luar pemkot,” kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Minggu (18/8).

Ketujuh pendaftar yang lolos seleksi adminstrasi calon sekda Pemkot Yogya adalah Aman Yuriadijaya yang kini menjabat sebagai Asisten Umum Sekda Kota Yogyakarta, Edy Muhammad Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Anak, Kadri Renggono Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang Kepala Dinas Pariwisata, Rudi Darmawan Pengawas Sekolah Madya Dinas Pendidikan, Suyana Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Wirawan Hariyo Yudo Staf Ahli Walikota Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Dia menyatakan seluruh pendaftara sudah memenuhi 9 kriteria dan syarat yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan sekda seperti pejabat eselon dua. “Mereka sudah menjabat eselon dua bertahun- tahun dan memiliki pengalaman di birokrasi, sehingga secara kompetensi dan kapasita tak diragukan lagi,” paparnya.

Ketujuh pendaftar itu selanjutnya berhak mengikuti tahapan uji kompetensi serta pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan. Uji kompetensi dilakukan selama tiga hari seiak Rabu hingga Jumat (14-16/8). Sedangkan pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan dilakukan pada Senin (19/8) di RS Jogja.

Ditambahkan proses seleksi sekda dilakukan panitia seleksi yang diketuai Sekda Pemda DIY Gatot Saptadi. Hasil uji kompetensi dan kesehatan akan diumumkan pada 30 Agustus. Setelah dinyatakan lolos uji kompetensi dan kesehatan, pendaftar akan menjalani tahap seleksi wawancara.

“Dari tahapan-tahapan seleksi nantinya akan diambil tiga orang kandidat calon sekda dan diusulkan ke kepala daerah. Kandidat itu juga akan diusulkan ke gubenur untuk mendapatkan persetujuan,” ucap Heroe. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pemustaka Dimudahkan Layanan Sepatu Jolifa

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Layanan Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All (Sepatu Jolifa) saat ini terintegrasi dengan 39 perpustakaan

Close