Pemustaka Dimudahkan Layanan Sepatu Jolifa

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Layanan Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All (Sepatu Jolifa) saat ini terintegrasi dengan 39 perpustakaan di Yogyakarta. Hal ini semakin memudahkan pemustaka meminjam buku karena terdapat kurir yang bertugas mengambil dan mengantar buku dari perpustakaan lain.

Kepala Balai Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Nursatwika mengatakan Sepatu Jolifa adalah inovasi yang memudahkan masyarakat mendapatkan literatur bacaan sesuai kebutuhan.

“Apabila pemustaka tidak menemukan kebutuhan buku di Grahatama, petugas akan membantu mencari pada 39 perpustakaan yang sudah terintegrasi dan jika ditemukan, misalnya ditemukan di Perpustakaan UGM maka akan terjadi silang pinjam antar perpustakaan. Petugas Grahatama akan mengambil buku tersebut dan meminjamkannya pada si pemustaka. Tinggal duduk saja, tak perlu bolak balik perpus karena ada kurir yang bertugas mengambil buku,” papar pria yang akrab dipanggil Nur saat ditemui Merapi, Jumat (16/8).

Sebanyak 39 perpustakaan terdiri atas perpustakaan umum daerah, kabupaten kota, perguruan tinggi, sekolah dan perpustakaan instansi. Layanan secara online pada laman www.jogjalib.com dan offline, meliputi katalog buku, informasi perpustakaan, layanan perpustakaan dan e-resources.

“Kami sedang mengusulkan dibentuk Peraturan Gubernur yang mewajibkan seluruh perpustakaan di Yogyakarta menjadi bagian dari Jogja Library For All, mengacu pada koleksi yang dimiliki, agar jaringan bisa menyeluruh sehingga makin mudah,” imbuh Nur.

Sebelumnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menetapkan Sepatu Jolifa sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019, Rabu (14/8) silam. Sepatu Jolifa diinisiasi DPAD DIY dengan layanan sistem perpustakaan terpadu berbasis teknologi informasi. Ide awal pada tahun 2015 dan serius direalisasikan pada 2016, berkolaborasi dengan beberapa Perguruan tinggi di Yogyakarta seperti UGM, UNY, UMY dan UII. (C-4)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mau Lihat Kemegahan GAK, Ikut Deh Trip di Festival Krakatau 2019

LAMPUNG (HARIAN MERAPI)– Siapa sih yang tidak mengenal Gunung Anak Krakatau (GAK). Gunung legendaris yang pernah menggemparkan dunia. Kalau kalian

Close