Angkung Cegah Asam Urat

Tanaman angkung sifatnya merambat dan berkhasiat
Tanaman angkung sifatnya merambat dan berkhasiat

ANGKUNG termasuk jenis tanaman berkhasiat obat alami dan sifatnya merambat layaknya sirih maupun binahong. Meski belum banyak dikenal di masyarakat luas, namun jenis tanaman ini sudah ada yang menanam, bahkan menjual bibitnya secara online.

Tak ketinggalan, sebagian herbalis mampu meracik angkung menjadi produk herbal dengan harga terjangkau, misalnya dibuat wujud pil maupun kapsul. Adapun cara pemanfaatan yang sederhana, misalnya rutin mengkonsumsi biji angkung secara langsung. Sedangkan daun angkung bisa dijadikan lalapan ataupun sayur. Manfaatnya bagi kesehatan antara lain membantu mencegah dan melawan penyumbatan pembuluh darah, asam urat, gejala stroke, darah tinggi, radang selaput otak serta kekurangan cairan terutama bagi penderita demam berdarah.

Cara penyajian angkung yang sudah wujud produk herbal pil bagi penderita penyakit, yakni menyiapkan terlebih dahulu air hangat setengah gelas. Selanjutnya pembungkus pil angkung dibuka dan pil angkung dimasukkan ke dalam air hangat. Lalu diaduk-aduk sampai larut serta berwarna kekuningan. Ramuan ini diminum langsung sampai habis serta jangan sampai ada jeda waktu meminumnya. Sebaiknya juga diminum ketika akan tidur, sebab ketika tubuh sedang istirahat maka proses penyembuhan angkung diharapkan semakin cepat, termasuk ketika terserang asam urat.

Sedangkan ramuan alami lain untuk melawan asam urat, yakni dengan menggabungkan biji pala lima gram, kapulaga lima butir, cengkih lima butir, daun sosor bebek empat lembar, kayu manis satu jari, jahe 10 gram dan air 600 cc. Semua bahan direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc lalu disaring dan diminum. Sehari diminum tiga kali, masing-masing 100 cc. Selain campuran bahan-bahan tersebut ada lagi yang menambah ubi jalar merah, rimpang bangle maupun lada.

Selain itu buah sirsak juga dipercaya sebagai musuh asam urat. Caranya cukup rutin mengkonsumsi daging buah sirsak. Bisa juga rutin minum jus sirsak, dua gelas dalam sehari. Bahkan dengn rutin mengkonsumsi buah sirsak mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan fruktosa dalam buah sirsak antara lain bisa membantu menjaga tubuh tetap segar dan mengalirkan energi. Pasalnya, fruktosa adalah gula sederhana yang banyak terdapat dalam buah. Tentu saja termasuk sumber karbohidrat alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan fosfor dan kalsium dalam daging buah sirsak antara lain membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Tak kalah penting, kandungan vitamin C-nya bermanfaat sebagai sumber anti oksidan. (Yan)

Read previous post:
Bunga Sepatu Lawan Bronkitis

BRONKITIS atau radang pada cabang tenggorokan termasuk gangguan kesehatan yang perlu segera disingkirkan. Sejumlah resep atau ramuan alami dapat diterapkan

Close