Polda DIY Ancam Penjarakan Jukir Nakal

UMBULHARJO (MERAPI)- Sebagai upaya memberikan efek jera, Tim Sapu Bersih (saber) Pungli Polda DIY bakal menjerat para juru parkir nakal dengan sanksi pidana sesuai KUHP. Polisi mengancam memenjarakan jukir yang menarik tarif di luar ketentuan, memeras, mengancam hingga melakukan perusakan.
Hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Intelkam Polda DIY AKBP Heri Budi Santoso saat melakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar di aula kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Kamis (15/8) siang. Sosialisasi diikuti oleh juru parkir dan petugas Dishub Kota Yogya.
“Persoalan juru parkir bisa dibawa ke jalur hukum jika mereka berbuat pidana. Selama ini persoalan juru parkir hanya diselesaikan di ranah Peraturan Daerah (Perda),” kata Heri.

Dikatakan, pidana yang bisa menjerat juru parkir salah satunya yakni menarik uang di luar aturan yang sudah ditetapkan. Untuk itu para juru parkir diimbau tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan atau melakukan perbuatan pidana yang bisa berujung penjara.
“Kalau pemungutan uang parkir disertai pengancaman, perusakan atau pemerasan, itu bisa dipidana. Selesai sosialisasi ini, jangan jadi pelaku pungutan parkir liar,” imbaunya.
Menurut Heri, persoalan parkir liar saat ini masih menjadi masalah yang mendesak untuk dicari solusinya. Sebab tindakan ini bisa merusak citra Kota Yogyakarta di mata wisatawan.
“Sekarang kami tegas-tegas saja. Kami kawatir orang-orang jadi takut ke Yogya hanya karena persoalan parkir. Terlebih para korban ini mengunggah di media sosial, sehingga informasi itu langsung menyebar,” jelasnya.

Kendati demikian menurutnya, persoalan pungli terkait parkir mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya. “Saat ini pengaduan terkait pungli turun dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Heri.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho menambahkan, pihaknya juga melakukan tindakan tegas kepada juru parkir nakal. Tindakan berupa teguran, peringatan hingga pencabutan izin parkir.
“Kami imbau pada para juru parkir jangan sampai ada pengelola parkir yang terkena saber pungli Polda. Sebagai upaya mencegah pungli, pembayaran non tunai oleh juru parkir juga sudah diberlakukan,” pungkasnya.(Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Atlet Pra-PON Pamitan ke KONI DIY

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Sejumlah atlet DIY yang bakal mengikuti kualifikasi atau Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) berpamitan dengan KONI

Close