Alat Kelengkapan Dewan Periode 2019-2024 Segera Dibentuk

WATES (HARIAN MERAPI) – DPRD Kulonprogo segera membentuk pimpinan definitif, tata tertib dan alat kelengkapan dewan dalam waktu dekat. Agenda ini menyusul dilantiknya calon legislatif terpilih dalam Pemilu menjadi anggota DPRD Kulonprogo periode 2019-2024, Senin (12/8).

Pelantikan dilangsungkan dalam rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah atau janji jabatan dan pengumuman pimpinan sementara dewan di ruang rapat DPRD Kulonprogo.

Ketua DPRD Kulonprogo sementara periode 2019-2024, Akhid Nuryati menyampaikan, proses pembentukan tata tertib (tatib) dan alat kelengkapan (alkap) dewan akan diupayakan berlangsung secepatnya. Pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan anggota fraksi yang incumbent untuk membahas rencana tersebut.

“DPRD periode ini harus lebih optimal. Penyusunan alkap akan dilakukan secara proporsional dan profesional,” kata Akhid.

Akhid mendorong agar seluruh anggota dewan bisa menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan tugasnya. Mereka juga harus mengakomodir aspirasi masyarakat dengan lebih optimal.

Proses pembacaan sumpah dan janji caleg terpilih dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wates, Marlius. Sebanyak 39 dari 40 anggota DPRD Kulonprogo periode 2019-2024 mengikuti prosesi tersebut. Sementara satu lainnya yakni Agung Raharjo dari PKS berhalangan hadir karena sedang menunaikan ibadah haji. Meski demikian, ia tetap harus mengikuti proses pembacaan sumpah dan janji setelah tiba di tanah air, dengan dipimpin pimpinan dewan sementara.

Sementara itu, sebanyak 40 anggota DPRD Kota Yogyakarta hasil Pemilu 2019 juga dilantik kemarin. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meminta jajaran DPRD Kota Yogyakarta bisa menjalankan fungsi legislatif, anggaran dan pengawasan. Dalam menjalankan tugas dewan itu harus mengacu pada pedoman undang-undang dan etika politik.

Anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 saat dilantik dan diambil sumpah jabatannya. (HARIAN MERAPI-TRI DARMIYATI)

“DPRD harus mampu mengoptimalkan keterwakilan dan aspirasi masyarakat. Utamakan kepentingan masyarakat. Pemegang wakil rakyat tak hanya citra tapi juga melekat dalam kehidupan. Satu kata satu perbuatan,” kata Haryadi.

Pimpinan sementara DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 Danang Rudiatmoko menyatakan, akan ada 6 fraksi yakni PDIP, PAN Gerindra, PKS, Golkar dan Nasdem. Sedangkan anggota dewan dari PPP dan Demokrat harus gabung dengan fraksi lain. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
2 PESERTA MAGANG DICEGAH KARENA ILEGAL- LPK Yoga Mustika Persada Bantah Sita Paspor

YOGYA (MERAPI)- Pemilik LPK Yoga Mustika Persada, Harno membantah menyita dua paspor peserta pemagangan ke Jepang, Endri Wahyu Kurniawan dan

Close