Pimpinan UGM Menyapa Kagama Kalbar

Suasana hangat saat pertemuan antara jajaran Kagama Kalbar dengan pimpinan UGM.
(Foto: Humas UGM)

PONTIANAK (HARIAN MERAPI) – Ribuan alumni UGM kini berkiprah di berbagai penjuru nusantara dan bahkan dunia. Dalam kunjungan ke lokasi KKN-PPM di Kubu Raya, Kalimantan Barat, pimpinan UGM menyempatkan diri untuk menyapa Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) Kalimantan Barat, Sabtu (27/7) malam di kediaman Bupati Kubu Raya.

“Kami senang sekali didatangi rombongan dari UGM. Ini menjadi pompa bagi kami untuk lebih bersemangat dan bisa saling bekerja sama ke depannya,” tutur Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, yang juga merupakan alumni UGM.

Dalam kesempatan ini, Muda mengisahkan perjalanan kariernya hingga dipercaya menjadi Bupati Kubu Raya, salah satu daerah pemekaran yang belum lama berdiri. Menjadi Bupati di wilayah pemekaran, ujarnya, bukan hal yang mudah karena banyak hal harus dibangun dari awal. “Kami menyadari bahwa selain ada banyak potensi, tantangannya juga cukup besar, apalagi pertumbuhan penduduk di tempat kami,” ucapnya.

Ia mengungkapkan alumni UGM memiliki kontribusi yang besar dalam mendukung pengembangan wilayah Kalimantan Barat, termasuk Kubu Raya. Pengalaman dan kepakaran yang dimiliki oleh UGM, tuturnya, sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai persoalan di daerah yang ia pimpin.

Salah satu alumni UGM yang ia sebut banyak memberikan kontribusi adalah Thamrin Usman, mantan rektor Universitas Tanjungpura Pontianak.

“Dulu oleh Pak Thamrin saya juga banyak dibantu. Kami bekerja sama dalam banyak hal, dan hasilnya sangat baik bagi daerah,” tutur Muda.

Thamrin yang saat ini menjabat sebagai ketua KAGAMA Kalimantan Barat menyatakan bahwa UGM membentuk mahasiswanya untuk menjadi orang-orang yang mampu berperan di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, keberadaan para alumni bisa memberikan dampak yang berarti bagi daerah-daerah di mana mereka berkiprah.

“Sumbangsih alumni UGM di seluruh penjuru Indonesia sangat luar biasa. Itu karena kami dididik di Yogya, di lingkungan yang sangat luar biasa membentuk kami,” ujar Thamrin.

Ia juga menyatakan rasa bangganya terhadap para mahasiswa KKN UGM di Kubu Raya yang turut menghadiri acara ramah tamah ini. Kegiatan KKN, ujarnya, memberikan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa yang bermanfaat bagi kehidupan mereka hingga selepas kuliah nanti.

“Dulu saya KKN di Purworejo, itu saya ingat sampai sekarang. Kalian beruntung bisa KKN sampai jauh-jauh ke Kalimantan,” imbuhnya.

Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr Paripurna SH Mhum LLM, menyebut bahwa KAGAMA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar UGM. Oleh karena itu, ia menyambut baik kegiatan yang mempertemukan para pimpinan UGM, mahasiswa, serta alumni.

“Suasana malam ini sangat hangat. Setelah tadi kami keliling lokasi KKN, malam ini kita bisa bertemu dan berbincang dalam suasana yang santai,” ujarnya.

Selain Paripurna, turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, drg Ika Dewi Ana MKes PhD beserta jajaran pimpinan universitas.  (*)

Suasana hangat saat pertemuan antara jajaran Kagama Kalbar dengan pimpinan UGM. (Foto: Humas UGM)

Read previous post:
Mahasiswa KKN UGM Bangun Instalasi Penjernih Air di Rasau Jaya

RASAU JAYA (HARIAN MERAPI) - TIM Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) UGM membangun instalasi penjernih air di

Close