POLISI MASIH BURU PERANTARA- Gadaikan 20 Mobil Rental, Ditangkap


Pelaku beserta barang bukti diamankan di Polres Sleman. (MERAPI-SAMENTO SIHONO)
Pelaku beserta barang bukti diamankan di Polres Sleman. (MERAPI-SAMENTO SIHONO)

SLEMAN (MERAPI)- Satrekrim Polres Sleman mengungkap kasus penggelapan mobil rental yang dilakukan YW (32) warga Pendowoharjo Sleman. Dari tangan pelaku petugas menyita barang bukti 6 unit mobil.

KBO Polres Sleman Ipda Bowo Susilo mengatakan, diduga pelaku telah beraksi berulang kali. Penyelidikan dimulai setelah salah seorang korban, pemilik rental di Dusun Sono, Sinduadi Mlati Sleman melapor ke Polres Sleman.

Pada 14 Juni pelaku mendatangi korban dengan dalih ingin merental mobil Toyota Agya selama sepekan. Karena sudah saling kenal, tanpa menaruh curiga korban langsung memberikan mobil sesuai pesanan pelaku.

“Mobil dipinjam pelaku selama 10 hari, dengan biaya sewa Rp 200 ribu sehari. Setelah jatuh tempo pengembalian pelaku tidak mengembalikan, dan tidak bisa dihubungi,” beber Bowo, Selasa (16/7).

Merasa mobilnya dilarikan pelaku, korban melapor ke Polres Sleman. Mendapat laporan tersebut petugas kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku di Serang Banten, akhir pelakan lalu.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku diketahui telah menggadaikan 20 unit mobil rental dari berbagai wilayah di wilayah di DIY. Mobil-mobil tersebut didapatkan dalam kurun waktu Maret hingga Juni 2019.

“Setelah merental, mobil langsung digadaikan pelaku seharga Rp 20 juta-Rp 25 juta. Enam mobil digadaikan langsung oleh pelaku, sedangkan 14 mobil lainnya melalui perantara yang belum bisa kita temukan,” tandasnya.

Menurut Bowo, pelaku tidak mengalami kesutilan untuk mendapatkan mobil dari para pengusaha rental. Alasannya kebanyakan korban merupakan kenalan pelaku, ia juga berdalih kalau mobil tersebut akan digunakan sendiri.

“Pelaku sudah dikenal di kalangan pemilik rental mobil. Jadi tidak perlu surat-surat kalau dia mau pinjam. Tapi mobil yang dia rental tidak dikembalikan. Malah digadaikan,” katanya.

Hingga saat ini petugas masih memburu pelaku H yang telah menjadi perantara dalam mengadaikan mobil rental tersebut. Pelaku juga belum mengetahui larinya 14 mobil tersebut lantaran pelaku H masih dalam pengejaran.

“Kita masih melakukan penyelidikan untuk menangkap H dan mencari 14 mobil rental yang telah digadaikan tersebut,” katanya.
Sementara itu pelaku YW mengaku nekat mengadaikan mobil rental lantaran tengah terlilit utang. Namun setelah berhasil melakukan aksinya, pelaku menjadi ketagihan untuk menggelapkan mobil.

“Gadaikan mobil untuk bayar utang. Setiap harinya bayar mobil rental Rp 200 ribu,” ujar YW yang mengaku sebagai karyawan leasing.
Akibat perbuatannya kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polres Sleman. Pelaku dijerat Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman pidana 4 tahun penjara. (Shn)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Kegiatan rukiah yang dijalani siswa Pesawat.
Hari Pertama Sekolah, Siswa Dirukiah Agar Hati Bersih

WATES (MERAPI)- Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan pihak sekolah untuk mengawali tahun ajaran baru. Mulai dari pengenalan lingkungan sekolah,

Close