HARI PERTAMA TAHUN AJARAN BARU: Siswa Ikuti Kegiatan MPLS

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H  Suasana MPLS di SMPN 3 Kalasan.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Suasana MPLS di SMPN 3 Kalasan.

SLEMAN (MERAPI) – Hari pertama tahun ajaran baru diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (17/7). Siswa baru mendapat pengetahuan tentang pendidikan karakter hingga Kurikulum 13. Seperti yang terpantau di SMPN 3 Kalasan, sebagian besar siswa baru masih mengenakan seragam SD. Mereka berkumpul di halaman sekolah sambil membawa sapu. Setelah sebelumnya mereka dikumpulkan di aula sekolah.

Kebetulan SMPN 3 Kalasan sedang mempersiapkan diri menuju sekolah berwawasan lingkungan atau Adiwiyata. “Jadi anak-anak kita minta membawa sapu. Dan akan gunakan untuk membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama,” kata Ketua MPLS SMPN 3 Kalasan, Susanti.

Sedang untuk wawasan kebangsaan akan diisi oleh Muspika Kalasan. Seperti dari kepolisian untuk tata tertib berlalu lintas, TNI untuk pengetahuan tentang wawasan kebangsaan hingga sosialisasi napza dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK). Selain itu juga akan ada informasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman.

“Kami ditunjuk menjadi rintisan Sekolah Ramah Anak (SRA). Untuk itu akan ada infomrasi tentang SRA dari DP3AP2KB Sleman,” imbuhnya.

Dari Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman sudah mengeluarkan himbauan terkait MPLS. Sesuai jadwal, MPLS dilakukan selama tiga hari, Senin-Rabu (15-17/7). Untuk materi MPLS, dapat diisi tentang kebudayaan Yogyakarta, penguatan pendidikan karakter hingga ajakan untuk literasi.

“Semua kegiatan harus di bawah bimbingan guru. Kakak kelas atau pengurus OSIS hanya membantu saja. Sedangkan peserta didik yang tidak bertugas tetap melaksanakan proses pembelajaran,” ujarnya. (Awh)

Read previous post:
ilustrasi
Gagal Dirampok, Sopir Taksi Online Dikepruk Botol

SLEMAN (MERAPI)- CR (25) warga Magelang yang bekerja sebagai pengatur lalulintas tak resmi (Pak Ogah) nekat merampok taksi online yang

Close