PETUGAS KEAMANAN SIAP AMANKAN- Rumah Tinggal Sitorus Diperbolehkan untuk Ibadah


Pertemuan warga dan aparat keamanan di Kantor Satpol PP Bantul dalam penyelesaian kasus rumah ibadah milik Sitorus. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Pertemuan warga dan aparat keamanan di Kantor Satpol PP Bantul dalam penyelesaian kasus rumah ibadah milik Sitorus. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Pascapenolakan rumah ibadah milik Pendeta Tigor Yunus Sitorus di Bandut Lor RT 34 Argorejo Sedayu Bantul, Satpol PP Bantul langsung memfasilitasi pertemuan untuk menyelesaikan kasus tersebut. Dalam pertemuan disepakati kegiatan ibadah diperbolehkan dengan pengamanan aparat keamanan.

“Dalam pertemuan disepakati tempat tersebut masih diperbolehkan untuk kegiatan ibadah dengan pengamanan dari aparat,” ujar Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Umum Satpol PP Bantul, Anton Vektori kepada wartawan, usai pertemuan di Kantor Satpol PP Bantul, Jumat (12/7) sore.

Sementara atas Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atas nama Gereja Pantekosta di Indonesia Immanuel Sedayu pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Bantul selaku instansi yang menerbitkan IMB akan melakukan kajian.

Untuk itu sembari menunggu hasil kajian tersebut pihaknya bersama aparat kepolisian, TNI dan linmas akan melakukan pengamanan di tempat ibadah. Karena sampai saat ini secara hukum telah mengantongi izin.

“Kami tidak bisa menentukan sampai kapan kajian soal IMB tersebut akan selesai. Hanya saja sebagai aparat keamanan sudah menjadi tugas kita untuk melakukan pengamanan dan penjagaan tempat-tempat ibadah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Anton menambahkan.

Diketahui, beberapa warga mengajukan protes karena rumah tinggal Pendeta Tigor Yunus Sitorus menjadi rumah ibadah. Tetapi tempat ibadah tersebut telah memiliki izin dengan terbitnya IMB dengan nama Gereja Pantekosta di Indonesia Immanuel Sedayu.

Selama ini Sitorus diketahui tinggal di Dusun Bandut Lor sejak 2003 yang sebelumnya mengontrak di Griya Kencana Permai tak jauh Dusun Bandut Lor yang dulu juga dijadikan sebagai tempat ibadah. Setalah membeli tanah di Bandut Lor dibangun rumah sekaligus tempat ibadah. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
Amido Balde Absen, PSS Tetap Waspada

SLEMAN (MERAPI) - Tidak ada nama top skor sementara Persebaya Surabaya, Amido Balde dalam daftar 18 pemain yang diboyong Djajang

Close