MABUK DAN BUAT KERIBUTAN- Sopir Truk Rosok Didenda Rp 500 Ribu


Terdakwa sopir truk rosokan saat menjalani sidang tipiring di PN Yogya. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa sopir truk rosokan saat menjalani sidang tipiring di PN Yogya. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

YOGYA (MERAPI) – Seorang sopir truk rosok, Krisdiyanto (30) warga Celeban Umbulharjo Yogyakarta dijatuhi hukuman denda Rp 500 ribu subsider 7 hari kurungan dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Yogya, Senin (8/7).

Dalam perkara ini hakim tunggal Maha Putra SH menyatakan terdakwa telah melakukan perbuatan pidana dengan mabuk di muka umum dan membuat keributan yang meresahkan masyarakat.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah dan meyakinkan telah melakukan perbuatan pidana dengan mabuk dan melakukan keributan di tempat umum. Menjatuhkan denda terhadap terdakwa sebesar Rp 500 ribu. Apabila tak dibayar maka dapat diganti dengan pidana kurungan selama 7 hari,” ujar hakim Maha Putra SH di sela-sela pembacaan putusan.

Atas putusan yang dijatuhkan, terdakwa menerima dan mengakui kesalahan dan berjanji tak mengulangi perbuatannya lagi. “Saya kapok pak hakim, besok tidak akan mabuk lagi,” ucapnya menyesal.

Dalam amar putusan terungkap, sebelum melakukan tindak pidana, terdakwa pada Sabtu 6 Juli 2019 mengikuti reuni bersama empat temannya di wilayah Jalan Parangtritis. Saat terdakwa datang sudah mendapati di lokasi tersedia empat botol minuman keras (miras) jenis ciu.

Di tempat tersebut terdakwa bersama teman-temannya yang dulu bekerja sebagai kuli bangunan melakukan pesta miras. Setelah itu sekitar pukul 13.00 terdakwa pamit pulang tetapi sebelumnya hendak pergi keAlun-alun Kidul (Alkid).

Sesampai di Jalan Ngadisuryan terdakwa sempat berpapasan dengan pengendara motor lain dan melakukan pemukulan. Dari perbuatannya pengendara motor balas memukul hingga terdakwa jatuh.

Tak hanya itu, terdakwa juga membuat keributan dengan menggendor-gedor pintu rumah warga dalam keadaan terpengaruh minuman beralkohol. Aksi terdakwa kemudian dilaporkan ke pihak berwajib kemudian diamankan. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Mahasiswa Ngamar

SUNGGUH memalukan, mahasiswa ketangkap ngamar di losmen. Rasa malu makin bertambah karena dua pasanganmahasiswa lawan jenis ini harus menjalani sidang

Close