IBL 3X3 2019 – BPD DIY Bima Perkasa Kirim Empat Pemain


Restu Dwi Purnomo ketika memberikan coaching clinic di SMP Bodya Wacana beberapa waktu lalu. (MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – Turnamen pemanasan liga bertajuk Indonesia Basketball League (IBL) 3X3 2019 akan digelar mulai Sabtu (6/7) besok. Seri pertama akan digelar di Cirebon. Wakil DIY di liga bola basket tertinggi tanah air, BPD DIY Bima Perkasa, juga mengikuti turnamen pemanasan itu. Namun untuk seri pertama skuad yang dibesut Raoul Miguel Hadinoto ini hanya akan mengirimkan satu tim yang berisi empat pemain.

Tidak ada nama besar seperti Yanuar Dwi Priasmoro, Nuke Tri Saputra, atau Galank Gunawan. Bima hanya mengirimkan Alan As’Adi, Restu Dwi Purnomo, Ali Mustofa, dan rookie tahun lalu Samuel Benedict.

“Kami enggak menargetkan apa-apa dalam turnamen ini. Namanya juga pemanasan, ya seperlunya saja. Buat saya basket 3×3, khususnya untuk peserta IBL, enggak terlalu penting sebenarnya,” tegas Raoul Miguel Hadinoto, Kamis (4/7).

Tahun lalu Bima Perkasa mengirimkan dua tim ke turnamen 3×3. Namun saat ini tim pelatih tengah fokus mempersiapkan diri untuk liga yang rencananya digelar November mendatang. Kegagalan di play off musim lalu memacu pelatih yang akrab disapa Eboss ini menggembleng tim agar lebih siap dari musim sebelumnya.

Wajar bila Eboss tidak melihat turnamen 3×3 ini sama pentingnya dengan liga meski juaranya akan mewakili Indonesia ke turnamen internasional FIBA di Arab Saudi Oktober mendatang.

Ia menyimpan para pemain bintangnya agar bisa fokus dalam latihan. Kekompakan pemain dan kolektivitas dalam sistem Eboss jadi yang utama. Ia ingin memadukan pemain baru seperti Nuke Tri Saputra ke tim yang absen cukup lama dari basket pro dengan Galank Gunawan dan kawan-kawan.

Sedangkan kapten tim Yanuar Dwi Priasmoro saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan di Timnas Indonesia. Namun Eboss juga punya harapan khusus bagi empat pemain yang dikirim mengikuti turnamen ini.

“Sebenarnya saya juga berharap pemain yang dikirim ke Cirebon bisa menaikkan permainan, menambah jam terbang juga,” sambung Eboss.

Setelah Cirebon, turnamen akan beralih ke Bali 13-14 Juli lalu Yogyakarta 20-21 Juli, Bandung 27-28 Juli, dan ditutup di Jakarta 3-4 Agustus mendatang.

IBL 3×3 akan mempertandingkan empat kategori, masing-masing tim IBL, U-18 Putra, Umum Putra minimal 19 tahun, dan Umum Putri minimal usia 16 tahun. Peraturan turnamen 3x ini dibikin lebih santai dari pertandingan basket resmi. (Des)

Read previous post:
MERAPI-SUKRO RIYADI Kompol Suhadi (tengah) menunjukkan barang bukti miras sitaan.
BISNIS TERBATAS-Bakul Miras Makin Lihai Hindari Polisi

BANTUL (MERAPI)- Petugas Polsek Banguntapan, Bantul menggrebek rumah pengedar minuman keras (Miras) di Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Rabu (3/7) malam. Dari

Close