Surat MK Belum Turun, Penetapan DPRD Sleman Ditunda

MERAPI-Atiek Widyastuti H Rapat Pleno Terbuka Penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Sleman Periode 2019-2024.
MERAPI-Atiek Widyastuti H
Rapat Pleno Terbuka Penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Sleman Periode 2019-2024.

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman memutuskan untuk memunda penetapan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Sleman Periode 2019-2024. Sedianya penetapan dilakukan, Rabu (3/7).

Sampai saat ini KPU Sleman masih menunggu Surat Keterangan (SK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa di Sleman tidak ada Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Surat tersebut merupakan dasar untuk menetapkan perolehan kursi dan nama calon terpilih.

“Kita hari ini masih menunggu SK dari MK. Itu menjadi dasar bagi kami untuk menetapkan perolehan kursi dan nama calon terpilih,” kata Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi di rapat pleno terbuka penetapan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Sleman di Graha Sarina Vidi Jalan Magelang, Rabu (3/7).

Dalam agenda tersebut disampaikan tentang tata cara penghitungan perolehan kursi dan tata cara nama calon terpilih. Hal itu akan dicermati bersama. Jika sampai tahap itu tidak selesai, maka penetapan akan dilakukan lain hari setelah MK memberikan surat kepada KPU.

Sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kapan surat dari MK akan turun. Namun yang pasti, tahapan penetapan baru bisa dilakukan setelah ada surat tersebut. Sedangkan untuk pelantikan anggota dewan terpilih, itu menjadi kewenangan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Kalau nanti dari Setwan membutuhkan berkas-berkas pelatikan, KPU siap memberikannya.

Penetapan itu sendiri menurut Trapsi dilakukan maksimal tiga hari setelah SK dari MK datang. Sedangkan untuk rapat pleno terbuka ini sudah sesuai dengan jadwal peraturan MK Nomor 2 Tahun 2019 tentang jadwal dan tahapan. Tanggal 1 Juli itu sudah menyampaikan ke KPU.

“Berarti maksimalnya adalah tanggal 4 Juli. Kita agendakan tanggal 3 Juli, dengan harapan jika masih ada keberatan dari parpol dapat diselesaikan sebelum tanggal tenggat waktu selesai,” urainya. (Awh)

Read previous post:
Dikalahkan Persija 0-1, Seto: Kami Kurang Beruntung

BEKASI (MERAPI) - PSS Sleman menelan kekalahan pertama di Liga 1. Bertandang ke Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (3/7) menghadapi

Close