PSS TANTANG PERSIJA SORE INI – Adu Cepat Pemain Sayap

JAKARTA (HARIAN MERAPI) – Laga pekan ke-5 Liga 1 2019 yang mempertemukan tuan rumah Persija Jakarta melawan PSS Sleman, Rabu (3/7) ini jadi sorotan. Kedua tim sama-sama menargetkan kemenangan setelah rentetan hasil negatif. Tiga kali sudah PSS tanpa kemenangan di Liga 1 sedangkan Persija lebih buruk, di mana belum pernah sekalipun meraih angka penuh.

Kedua tim sudah saling tabuh genderang perang satu pekan sebelum pertandingan. PSS, melalui para pemainnya, yakin bisa meraih angka penuh di kandang Persija karena karutnya kondisi tuan rumah. Kubu Persija, melalui pelatih anyar, Julio Banuelos, mengingatkan PSS bahwa timnya tak akan mengurangi daya dobrak meski banyak pemain cedera.

Menariknya, Persija dan PSS punya taktik yang sama. Mereka mengandalkan lini sayap untuk membuka ruang di lini belakang lawan. PSS punya Rangga Muslim, Haris Tuharea, dan Kusheda Hari Yudo yang selama tiga pertandingan cukup baik membongkar pertahanan lawan lalu membuka ruang bagi striker Yevhen Bokhasvili dan gelandang box to box Dave Mustaine dalam kotak penalti. Sedangkan Persija punya Rico Simanjuntak, Novri Setiawan, dan Feby yang kemampuannya nyaris kembali ke peak performance saat mengalahkan Borneo FC 2-1 di semifinal Piala Indonesia, Sabtu (29/6) lalu.

Seto Nurdiyantoro, pelatih kepala PSS, mengatakan waspada penuh dengan lini sayap Persija. PSS harus mempersempit ruang gerak pemain sayap tuan rumah, terutama Rico Simanjuntak agar tidak bisa leluasa menyisir lini sayap. Tugas spesial itu Seto berikan ke Rangga Muslim. Pemain sayap berusia 25 tahun itu akan mempersempit ruang Rico sekaligus membantu tugas Bagus Nirwanto.

Rangga mengatakan siap menghadang Rico. Ia juga sudah mempelajari betul gerakan Rico dari rekaman video. “Kami sudah mengetahui gaya bermain Persija, dari video dan pengalaman bertanding di Piala Presiden kemarin. Riko sangat cepat, saya bakal mempersempit ruang geraknya. Sejauh ini saya pribadi dan tim sangat siap melawan mereka,” tegas Rangga.

Rangga Muslim dan para pemain PSS lainnya diuntungkan kondisi yang lebih bugar dari tuan rumah. Persija hanya punya waktu istirahat selama tiga hari usai bertanding lawan Borneo FC. Waktu istirahat yang lebih panjang ini bagi Seto memang menguntungkan timnya. Namun ia melihat Persija berisi skuad berpengalaman yang sudah biasa menghadapi kondisi pendeknya waktu pemulihan.

Pemain yang dibawa Seto ke Jakarta merupakan tim terbaik yang diisi pemain yang sudah merasakan ketatnya laga di empat pertandingan terakhir PSS di Liga 1. Tidak ada alasan coba-coba, termasuk membawa Guilherme Batata, ketika melawat ke kandang Persija.

“Mungkin tidak ada perubahan di formasi yang kami terapkan lawan Persija. Mereka main cepat dan kami bisa mengimbangi mereka. Rangga termotivasi matikan Rico, itu bagus dan saya harap pemain lainnya juga. Yang kita hadapi besok sore (hari ini) adalah tim berpengalaman, apalagi mereka baru menang tapi target kami poin penuh kalau bisa,” kata Seto.

Ega Rizky yang sudah 100 persen pulih dibawa dan kemungkinan bakal dipercaya mengawal gawang. Begitu juga dengan Purwaka Yudi yang baru sembuh dari cedera. Pengalamannya bersama Alfonso de La Cruz di jantung pertahanan PSS bakal berguna membendung pergerakan Marko Simic dan striker gaek Persija Bambang Pamungkas. Dave Mustaine, Nerius Alom, dan Brian Fereira juga dipastikan turun sejak menit pertama. Menurut Seto, Alom yang baru sembuh dari cedera juga dibutuhkan sebagai gelandang perusak tempo lawan karena tak kunjung sembuhnya Arie Sandy dan Batata.

“Yevhen masih pilihan utama. Saya harap dia bisa bermain lebih kolektif,” kata pelatih asal Kalasan itu.

Di kubu lawan, Julio Banuelos menyatakan Persija tidak bisa diperkuat kiper utama Andritany karena patah tangan. Namun Persija punya Sahar Ginanjar yang sama baiknya. Ismed Sofyan yang kemarin diturunkan lawan Borneo akan diberi kesempatan bernapas di bangku cadangan. Posisinya kemungkinan besar digantikan Al Hamra.

Namun kabar baik bagi fans Persija, Bruno Matos yang sempat diragukan tampil masuk dalam skema Julio Banuelous. Namun gelandang Brasil itu diprediksi akan memulai laga dari bangku cadangan. “Saya harap Rico dan pemain lainnya bisa lebih berani karena tidak ada istilah bertahan dalam pertandingan besok,” kata Julio Banuelos melansir laman resmi tim.

Jelang laga lawan PSS, Persija kembali dihantam masalah. Kali ini datang dari Marko Simic yang dikabarkan berpolemik dengan manajemen setelah permintaan fasilitasnya tidak dipenuhi manajemen. Simic sendiri baru mencetak satu gol dari lima pertandingan. Mandulnya striker berusia 31 tahun itu ditengarai karena permintaannya tidak dikabulkan manajemen. (Des)

Read previous post:
Main Jelek, CEO PSIM Akui Intervensi

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Hasil buruk yang didapat PSIM Yogya pada dua laga terakhir, termasuk kekalahan melawan Persik Kediri di

Close