Urus Sertifikat PIRT Lewat ‘Dilan’

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat peluncuran Dilan dan penyerahan sertfikat PIRT kepada pelaku industri pangan rumah tangga. (MERAPI-ISTIMEWA)

PENGURUSAN sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) di Kota Yogyakarta kini lebih mudah. Menyusul adanya layanan Digitalisasi layanan Industri Rumah Tangga Pangan (Dilan). Para pelaku industri pangan rumah tangga tidak harus datang ke Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta. Cukup mengakses layanan Dilan pada aplikasi Jogja Smart Service (JSS) milik Pemkot Yogyakarta pada ponsel berbasis android.

“Dilan merupakan upaya untuk memberikan pelayan yang cepat, mudah diakses dan transparan pada pelaku usaha industri rumah tangga pangan warga Kota Yogyakarta,” kata Kepala Dinkes Kota Yogyakarta Fita Yulia Kisworini dalam peluncuran Dilan pada akhir pekan lalu.

Menurutnya layanan Dilan sejalan dengan program Gandeng Gendong Pemkot Yogyakarta di mana satu sama lain saling bergotong royong, saling melengkapi, antara Pemerintah Kota Yogyakarta, Perguruan Tinggi, Pengusaha, Kampung dan Komunitas. Melaui Dilan ini adalah

Upaya memfasilitasi dan menguatkan industri rumah tangga dalam bidang produk olahan pangan.

“Dengan teknologi membuat perubahan proses pengurusan PIRT. semula manusia yang datang dari satu pintu ke pintu kantor pelayanan, diubah menjadi konsep digital. Yang datang sudah bukan orang, tapi data yang bergerak,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat meluncurkan Dilan menyampaikan, dalam perkembangan Smart City, Pemkot Yogyakarta telah mengembangkan JSS yang didalamnya berisi berbagai konten layanan masyarakat yang terintegrasi satu sama lain. Melalui data yang saling terintegrasi, dinilainya tidak ada data sektoral milik salah satu OPD.

“Proses inovasi bukan sekedar membuat sesuatu yang baru. Namun bagaimana agar sesuatu yang baru mampu memberi solusi tanpa meninggalkan masalah. Begitu pula dengan Dilan ini yang melengkapi konten dalam aplikasi JSS, sehingga mudah dan cepat mengakses berbagai layanan dalam sebuah genggaman tangan,” tutur Heroe.

Pihaknya berharap dengan adanya Dilan mampu memberikan solusi atas kesulitan warga dalam mengurus PIRT. Sertifikai PIRT juga dinilai penting karena memberi jaminan standar mutu pangan. Baik dalam proses produksi maupun kemasan serta mampu bersaing dalam pasar kuliner di Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu Heroe juga menyerahkan Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan dan Sertifikat PIRT. Selain itu dialog dengan pelaku usaha industri rumah tangga pangan.(Tri)

Read previous post:
Sudah Diperbaiki, Bermain Air di Taman Pintar Tambah Seru

YOGYA (MERAPI) - Wahana edukasi, permainan dan ketangkasan di kompleks Taman Pintar Yogyakarta kian menarik dengan diperbaikinya Taman Air Menari.

Close