CABULI GADIS DI BAWAH UMUR- Karyawan Rumah Makan Diganjar 5 Tahun


Terdakwa (kanan) dikawal petugas untuk mejalani sidang pembacaan putusan di PN Bantul.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa (kanan) dikawal petugas untuk mejalani sidang pembacaan putusan di PN Bantul.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Seorang karyawan rumah makan ayam kremes Numani, Johannes Don Bosko Siahaan (23) asal Tanjung Balai Sumatera Utara dijatuhi hukuman 5 tahun penjara potong masa tahanan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Selasa (2/7). Selain itu terdakwa juga dibebani membayar denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Laily Fitria Titin Anugerahwati SH lebih ringan dari tuntutan jaksa, Luk Luk Rafiqul Huda SH yang semula menuntut agar terdakwa dihukum selama 6 tahun penjara dengan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.Atas putusan itu jaksa menyatakan menerima.

Dalam amar putusan terungkap, awalnya pada bulan Oktober 2018 terdakwa berkenalan dengan saksi korban sebut saja Kencur (16-nama samaran) melalui aplikasi WhatsApp (WA). Kemudian pada 28 Oktober 2018 terdakwa dan saksi korban bertemu untuk pertama kalinya.

Setelah itu pada Minggu 18 November 2018 sekira pukul 23.00 terdakwa dan saksi korban kembali bertemu di depan Bakpia Pathuk 75 yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta. Selanjutnya terdakwa mengajak saksi korban ke rumah kos teman terdakwa di Jalan Sonopakis Lor Ngestiharjo Kasihan Bantul.

Sesampainya di dalam kamar kos, terdakwa dan saksi korban duduk dan mengobrol di atas tempat tidur lalu tiba-tiba terdakwa menciumi saksi korban dan mencabulinya. Atas perbuatan itu saksi korban berusaha berontak tetapi kalah kuat.

Sebelum melakukan aksinya, terdakwa mengancam akan memecah kaca bila saksi korban tak mau menuruti keinginannya. Akibat perbuatannya, terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 82 ayat (1) UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (C-5)>


Read previous post:
The 27th GIIAS 2019 Kemudahan Menjangkau Teknologi

JAKARTA (HARIAN MERAPI) - Rangkaian GIIAS 2019 The Series akan berlanjut setelah sebelumnya menuntaskan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2019 pada 7

Close