PPDB SMP Zona Mutu di Yogya Masih Sisakan Kuota

Para orangtua calon siswa menunggu antrean verifikasi pendaftaran PPDB jalur mutu, KMS dan luar kota di SMPN 15 Yogya. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

DANUREJAN (MERAPI) – Hari pertama pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP negeri di Kota Yogyakarta untuk jalur zona mutu masih menyisakan banyak kuota. Belum ada satupun SMP Negeri yang sudah memenuhi kuota untuk jalur persaingan nilai USBN tersebut.

Dari 16 SMP negeri di Kota Yogyakarta, hanya SMP Negeri 15 saja yang hampir memenuhi kuota yang ditetapkan yaitu sebanyak 160 siswa. Kepala SMPN 15 Yogya Siti Arina Budi Astuti, Senin (1/7), mengutarakan, jumlah daya tampung untuk jalur zonasi mutu, KMS dan luar daerah di SMPN 15 Yogya mencapai 187 kursi dari total daya tampung 340 kursi. Hingga siang, sudah ada 160 pendaftar yang mengembalikan berkas verifikasi pendaftaran.

“Pendaftar jalur KMS sudah mencapai 43 siswa dari kuota 10 persen atau 34 kursi. Karena sudah melebih kuota KMS, maka seleksinya ada pemeringkatan nilai rata-rata USBN. Tahun lalu jalur KMS tak ada pemeringkatan nilai,” terang Rina.

Dia menilai tidak ada kendala dalam verifikasi pendaftaran PPDB jalur mutu, KMS dan luar daerah kemarin. Tapi ada beberapa calon siswa yang SKHUN belum diproses diminta menunggu sampai keluar karena verifikasi pendaftaran jalur mutu, luar daerah dan KMS dibuka hingga 3 Juli pukul 10.00 WIB.

Seorang orangtua calon siswa Sugito mengaku memilih jalur mutu atau nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD karena peluang di jalur zonasi wilayah jarak, kecil. Warga Sidikan Umbulharjo itu menyebut semula akan mendaftarkan anaknya ke SMPN 10 Yogya. Tapi peluang zonasi jarak tak masuk.

“Milih SMPN 15 karena daya tampungnya banyak. Zonasi wilayah nggak masuk. Jarak terdekat ke SMPN 10 sudah sekitar dua kilometer. Jarak satu kilometer aja sudah mepet bersaing ketat,” kata Sugito. (Tri)

Read previous post:
LESTARIKAN NILAI BUDAYA LOKAL: Warga Ceme Gelar Pentas Kethoprak

WARGA Dusun Ceme Desa Srigading Sanden Bantul, menggelar pentas seni kethoprak pada Sabtu (29/6). Kegiatan tersebut dihadiri pendamping desa budaya,

Close