HUT UMKM INTERNASIONAL KE-64: Kalangan Pengusaha Didorong Manfaatkan IT

Proses produksi balung kethek Jarak Towo di Mojogedang dipamerkan di HUT UMKM Internasional ke-64. (Foto: Abdul Alim)
Proses produksi balung kethek Jarak Towo di Mojogedang dipamerkan di HUT UMKM Internasional ke-64. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Para pemula bisnis skala rumah tangga diminta memanfaatkan teknologi informasi. Sarana tersebut potensial untuk membangun relasi maupun pengalaman berbisnis.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki usai membuka peringatan HUT UMKM Internasional ke-64 di Setumbu, Desa Sewurejo, Mojogedang, Kamis (27/6).

“Ada 30 grup whatsapp di ponsel saya. Membangun relasi itu sudah 30 persen dari promosi. Mudah dan murah,” katanya di acara yang diakomodasi Gerakan Aspirasi Muda Lawu (Gardal) kepada wartawan.

Di acara tersebut, hadir Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto. Mereka meninjau proses produksi ‘balung kethek’ berbahan ketela pohon ‘jarak towo’ asal Jenawi.

“UMKM membantu menurunkan angka kemiskinan. Kami sangat mengapresiasi berbagai komunitas yang mendampingi para pengusaha ini. Berbagai macam inovasinya mengagumkan. Saya meminta, UMKM kuliner didampingi pula dalam membuat kemasan produk,” katanya.

Ketua Gardal, Novel mengatakan organisasinya getol mendampingi UMKM kuliner. Terutama yang menonjolkan bahan dasar khas pertanian di Bumi Intanpari. Sejauh ini, Gardal mendampingi 20 pelaku usaha asal berbagai kecamatan.

“Biar dikemas elegan, kita mendampingi produsen balung kethek Setumbu. Salah satu kunci suksesnya, aktif berkoordinasi dengan Pemda,” katanya.

Di lokasi lain, International Council for Small Business (ICSB) menggelar berbagai event untuk menggairahkan UMKM di Karanganyar. Rangkaian event selama tiga hari itu dumulai seminar dan halal bi halal di pendopo rumah dinas bupati pada Kamis (27/6). Kemudian bazar dan lomba brewing coffee.

“Ajang itu untuk melaunching KTA ICSB. Ada lebih dari 1.000 anggota,” kata Ketua Panitia Hari UMKM Internasional dari ICSB, Andry Endah Retnowati.

Di ICSB, pendampingan anggota diwadahi grup pesan instan whatsapp dan telegram. Mereka bebas berinteraksi serta mengakses informasi dari para pakar. (Lim)

Read previous post:
Kejari Kawal RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo

PURWOREJO (MERAPI) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo berjanji akan melakukan pengawalan di bidang hukum terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)

Close