BERSIAP HADAPI PERSIK – Perbaiki Pertahanan dan Finishing

YOGYA (MERAPI) – Usai takluk dari Mitra Kukar dengan skor 0-1 pada laga kedua Liga 2 2019 Grup Timur, Rabu (26/6) lalu, PSIM Yogya bakal melakukan perbaikan sebelum melakoni laga ketika menghadapi Persik Kediri di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (1/7) mendatang. Sektor pertahanan menjadi perhatian serius bagi pelatih agar tak lagi mudah kebobolan.

Pelatih PSIM, Vladimir Vujovic menilai jika tim asuhannya sebenarnya sudah tampil bagus ketika menghadapi Mitra Kukar. “Kami sebenarnya mampu menguasai permainan. Di babak pertama kami punya banyak peluang, begitu pula di babak kedua. Namun memang di lini pertahanan kami ada titik lemah yang perlu kami segera perbaiki. Ada pemain yang belum menjalankan instruksi dengan baik, ini yang perlu kami evaluasi lagi. Tak perlu sebut nama tapi secara internal tim akan kami lakukan perbaikan,” tuturnya, kemarin.

Dilanjutkan pelatih yang akrab disapa Vlado tersebut, apa yang sudah ditampilkan Raphael Maitimo dan kawan-kawan ketika menghadapi Mitra Kukar tidak lah buruk. “Dalam sepakbola, tim yang bisa bermain menyerang belum tentu jadi pemenang. Saya melihat materi Mitra Kukar juga merupakan pemain-pemain Liga 1. Tidak jauh berbeda juga sebenarnya dengan kami, beberapa ada yang sudah pernah main di Liga 1. Tapi di sini saya ingin menegaskan bahwa dua laga lawan Persiba Balikpapan dan Mitra Kukar bukan laga mudah tapi kami sudah berhasil dapat 3 poin dari dua laga ini,” lanjutnya.

Pelatih asal Montenegro tersebut mengungkapkan, evaluasi bakal dilakukan pihaknya. Tak hanya di lini pertahanan, barisan depan juga perlu mendapat pembenahan karena tak mampu mencetak gol setelah mendapat banyak peluang. “Ya jelas itu. Lini depan harus bisa maksimal lagi. Kami bermain menyerang, terutama di babak pertama. Harusnya bisa ada tiga gol di sana dan ternyata terbuang dengan mudah. Ini tak boleh terjadi lagi di laga selanjutnya. Pemain harus introspeksi memperbaikinya,” ungkapnya.

Perbaikan finishing atau penyelesaian akhir memang menjadi perhatian bagi tim yang memperagkan permainan menyerang. “Ketika tim menyerang, tujuannya tentu cetak gol. Untuk itu harus bisa dimaksimalkan. Lawan Persiba pemain sudah bagus, bisa cetak gol meski kemudian banyak bertahan. Namun saat lawan Mitra Kukar ternyata keberuntungan juga belum berpihak. Bisa menekan, menguasai pertandingan, banyak peluang, tapi ternyata malah kebobolan. Ya akan kami evaluasi ini ke depan,” imbuh Vlado.

Terkait perubahan komposisi pemain yang diturunkan saat melawan Mitra Kukar dan Persiba, Vlado menyebutkan bahwa memang ada pemain yang tak bisa tampil karena cedera. “Cristian Gonzales memang cedera dan itu memang tidak mau saya sampaikan sebelum pertandingan. Untuk komposisi pemain, memang saya sengaja rotasi pemain juga. Kalau kondisi fisik, sebenarnya tak ada masalah karena bisa bermain menekan. Justru di lini pertahanan dan finishing saja yang perlu kami perbaiki di sini. Siapapun yang main, saya ingin pemain tampil maksimal,” bebernya. (Oro)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kuliner, Mancing Hingga Off Road Jadi Satu di Mertamu

LAHAN kosong atau nganggur masih sering dijumpai di berbagai tempat, seperti pekarangan tempat tinggal maupun lokasi kuliner. Lahan seperti ini

Close