Zona 1 PPDB Lingkup Desa, Seluruh Pendaftar Dijamin Dapat Sekolah

KARANGANYAR (MERAPI) – Pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di lingkup desa terdekat sekolah (zona 1), dipastikan lolos seleksi masuk. Pemkab Karanganyar menjamin pendaftar di luar zona 1 dapat ditampung di SMP negeri maupun swasta.

“Kami pastikan daya tampung masih cukup banyak. Bahkan melebihi jumlah lulusan. Kita juga tidak akan menambah rombongan belajar di sekolah negeri, agar swasta juga ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai memberikan pengarahaan kepada Kepala sekolah dan Camat terkait PPDB di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (27/6).

Jumlah lulusan siswa SD negeri dan swasta di Kabupaten Karanganyar pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 11.675 siswa. Sedangkan daya tampung siswa SMPN di Kabupaten Karanganyar sebanyak 11.926 siswa. Menurutnya, tak masalah jika peserta didik bersekolah bukan di SMP favoritnya. Sebab, kualitas pendidikan tergantung guru pengajar.

“Gurunya bersertifikasi, artinya mumpuni mengajar. Anak-anak akan didampingi,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan kuota zonasi 80 persen, jalur prestasi 15 persen, dan sisanya 5 persen adalah perpindahan orangtua. Sebelumnya, PPDB berbasis rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW). Saat ini, zona dua adalah desa di luar zona satu atau terdekat dengan lokasi SMP tetapi di satu kecamatan. Zona tiga adalah wilayah di luar zona satu dan dua di dalam Kabupaten Karanganyar. Zona empat adalah wilayah di luar zona satu, dua, dan tiga di luar Kabupaten Karanganyar. Sementara itu untuk alur pendafataran PPDB online tingkat SMP, para peserta melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum resmi dibuka 1 Juli 2019. Setelah dinyatakan lolos, mereka selanjutnya melakukan verifikasi berkas.

Kepala Disdikbud Karanganyar, Tarsa, menyampaikan PPDB online bekerja sama dengan Telkom.

“Insyallah lancar. Nanti siswa mendaftar dari rumah atau dari manapun secara online. Verifikasi atau registrasi dilakukan setelah pendaftaran online supaya tidak berjubel. Kesiapan sekolah sudah kami optimalkan. Kalau ada kesulitan silakan datang ke sekolah meminta bantuan,” tutur Tarsa. (Lim)

Read previous post:
Pemain PSS Makin Percaya Diri

SLEMAN (MERAPI) - Para pemain PSS Sleman termotivasi untuk mengakhiri hasil kurang baik di Liga 1. Selama tiga pertandingan, skuad

Close