TANAH YANG DIBELI DIBLOKIR- Ibu dan Anak Ajukan Gugatan


Penggugat saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Penggugat saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Penggugat, Sumiatun Praptono (71) dan anaknya Dwi Hari Pramono (47) keduanya warga Jakarta mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap tergugat I Umar Yoga warga Lampung, tergugat II Sunyoto warga Sambilegi Lor Maguwoharjo Depok Sleman, tergugat III Kantor BPN Bantul, turut tergugat I Notaris Tagor Siamanjuntak SH dan turut tergugat II Notaris Darbo Liworo SH ke Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Selasa (25/6).

“Sedianya hari ini akan dimulai persidangan pertama. Tetapi karena tergugat tidak hadir maka persidangan ditunda,” ujar Drs H Jaka Sarwanta SH MHum MKn MM kepada wartawan usai penundaan sidang.

Dalam perkara ini, awalnya tergugat I dan tergugat II melakukan transaksi jual beli di hadapan turut tergugat I dan menandatangani akta jual beli. Setelah itu pada 2004 terbit sertifikat atas nama tergugat II.

Saat itu penggugat I berkeinginan membelikan tanah untuk anaknya tergugat II sebidang tanah SHM 01618/Srimartani seluas 430 m2 atas nama tergugat II yang terletak di Piyungan Srimartani Piyungan Bantul. Ketika jual beli tersebut penggugat II tidak bisa hadir di kantor turut tergugat II yang memoroses jual beli karena bertugas di Jayapura sebagai pilot pesawat terbang.

Untuk itu tergugat II sebagai pemilik tanah memberikan kuasa menjual kepada penggugat I dan telah merealisasikan jual beli di tempat turut tergugat II. Para penggugat telah beberapa kali menanyakan kepada turut tergugat II mengapa proses jual beli dan peralihan belum selesai sejak 2016 hingga gugatan ini diajukan.

Turut tergugat II menjelaskan bila proses jual beli telah dijalankan dan didaftarkan di tempat tergugat III namun ternyata ada pihak yang memblokir. Penggugat I melalui kuasa hukumnya menanyakan kepada tergugat III dan diketahui pemblokiran dilakukan penjual pertama atau tergugat I dengan alasan tidak ada jual beli.

Karena perbuatan para tergugat mengakibatkan penggugat tak bisa menguasai objek tanah dan mengalami kerugian materiil dan imateriil sebesar Rp 370 juta, untuk itu penggugat meminta majelis hakim menerima dan mengabulkan seluruh gugatannya dan mengesahkan jual beli antara penggugat dengan tergugat II. (C-5)


Read previous post:
DI-PHK SEPIHAK OLEH KAMPUS- Dua Dosen Gugat Stikes Madani ke PHI

YOGYA (MERAPI) - Dua dosen Stikes Madani Yayasan Majelis Atturots Al Islamy Yogyakarta, Darmasta Maulana SKep MKes warga Mojosari Sitimulyo

Close