DIHUKUM 2 BULAN-Pembakar Surat Suara Pemilu Terima Vonis Hakim

WONOSARI (MERAPI)- Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonosari, Gunungkidul yang diketuai Tri Joko Yohanes Gantar Pamungkas SH menghukum terdakwa pembakar surat suara pada Pemilu 2019, Mahardika Wirabuana Krisnamurti (22) warga Desa Ngipak, Karangmojo dengan pidana penjara 2 bulan dalam masa percobaan selama dua bulan penjara dalam sidang putusan Senin (24/6). Vonis hakim yang diterima terdakwa ini lebih tinggi dibandingkan dengan tuntutan jaksa sebelumnya yang meminta agar terdakwa dihukum 1 bulan penjara dan denda 1 juta.
Dalam keterangan saksi dan terdakwa sendiri di muka persidangan terungkap bahwa kasus pembakaran dan perusakan surat suara dalam Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 terjadi di TPS 09 Dusun Jaranmati 2, Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Kepada hakim, terdakwa mengaku nekat membakar surat suara saat pemilu lalu lantaran kesal dan kecewa dengan ulah politisi di Jakarta yang dianggap tak bekerja maksimal.
Setelah melalui serangkaian persidangan, Majelis Hakim dari Pengadilan Negeri Wonosari menjatuhkan vonis kepada terdakwa, Mahardika Wirabuana Krisnamurti.
Sidang putusan ini dilangsungkan secara terbuka di hadapan sejumlah petugas Bawaslu Gunungkidul, Bawaslu DIY dan keluarga terdakwa maupun pengunjung. Putusan dibacakan oleh Hakim Ketua Tri Joko Yohanes Gantar Pamungkas SH. Adapun ada sejumlah pernyataan dan tindakan yang menjadikan hakim mempertimbangkan kasus ini di antaranya selama proses persidangan yang bersangkutan bersikap sopan, mengakui perbuatan pembakaran dan perobekan, masih berusia muda dan belum pernah terjerat kasus hukum.

Sidang tindak pidana dalam delik pemilu ini digelar secara marathon selama 7 hari berturut-turut. Selama persidangan, terdapat 10 saksi yang dihadirkan untuk memberikan keterangan. Atas putusan tersebut terdakwa langsung menerimanya. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mandala Krida Belum Siap, PSIM Kembali ke SSA

YOGYA (MERAPI) - Stadion Mandala Krida Yogya yang digadang-gadang bakal kembali menjadi kandang bagi PSIM Yogya saat mengarungi kompetisi Liga

Close