DAMPINGI PERAJIN BAMBU SANGGRAHAN I- Dosen Hukum UMY Pengabdian Masyarakat


Salah satu kegiatan pendampingan Dosen FH UMY kepada perajin bambu di Dusun Sanggrahan I. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Salah satu kegiatan pendampingan Dosen FH UMY kepada perajin bambu di Dusun Sanggrahan I. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

DLINGO (MERAPI) – Dua Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH UMY), Ani Yunita SH dan Heri Purwanto SH melakukan pendampingan para perajin bambu di Dusun Sanggrahan I Muntuk Dlingo Bantul. Pendampingan yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupannya.

“Meskipun kami dari Fakultas Hukum tetapi pengabdian kami tak harus melulu soal hukum. Tetapi kali ini kami melakukan pendampingan dalam peningkatan pemasaran produk kerajinan bambu warga Sanggrahan I,” ujar Heri Purwanto SH didampingi Ani Yunita SH kepada wartawan, Senin (24/6).

Disebutkan, pendampingan dalam program pemasaran hasil kerajinan bambu ini dilatarbelakangi minimnya akses pasar dan akses informasi pemasaran di Dusun Sanggrahan. Sehingga pendampingan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan entepreneurship, memperluas akses pasar dan akses informasi pemasaran baik secara manual maupun online produk.

Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dengan memberi penyuluhan dan pelatihan serta pendampingan pemasaran. Pihaknya menggandeng dosen Ilmu Ekonomi dan Ilmu Komunikasi UMY. Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat mitra di Dusun Sanggarahan I agar menjadi dusun yang mandiri melakukan pembuatan kerajinan bambu yang memiliki inovasi.

“Kami berharap peserta dari kelompok PKK memiliki pengetahuan untuk melakukan pemasaran manual maupun online kepada masyarakat. Kegiatan ini juga untuk mengukur capaian kegiatan dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi perajin bambu khususnya kelompok PKK,” tegas Heri yang juga advokat anggota Ikadin DIY. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
LBH Yogya saat jumpa pers pembukaan Posko Pengaduan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
MARAK PUNGLI, PENAHANAN IJAZAH DAN ZONASI PPDB- LBH Yogya Buka Posko Pengaduan

KOTAGEDE (MERAPI) - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta membuka Posko Pengaduan Pungutan Liar, Penahanan Ijazah dan Kasus Zonasi Penerimaan Peserta

Close